Sukses

Polisi Tangkap 100-an Demonstran Penolak UU Cipta Kerja di Semarang

Polisi membubarkan demontrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja yang berlangsung rusuh di depan kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah

Liputan6.com, Semarang - Polrestabes Semarang mengamankan dan memeriksa sekitar 100 orang usai pembubaran demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di depan DPRD Provinsi Jawa Tengah yang berakhir ricuh, Rabu.

"Ada sekitar 50 hingga 100 orang yang diamankan untuk dimintai keterangan," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Auliansyah Lubis, dikutip Antara.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut untuk mengetahui pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menyebabkan aksi (menolak UU Ciptaker) tersebut berakhir ricuh.

Polisi menduga terdapat massa di luar buruh dan mahasiswa yang diduga menunggangi aksi tersebut. Ia menjelaskan kecurigaan tersebut sudah terlihat sejak awal sebelum demo dimulai.

Sebelum koordinator aksi yang melaporkan akan menggelar aksi di Jalan Pahlawan Kota Semarang itu, kata dia, ternyata sudah ada massa yang tidak diketahui asalnya datang ke lokasi.

Pembubaran aksi menolak UU Cipta Kerja tersebut, lanjut dia, karena peringatan yang sudah disampaikan tidak diindahkan.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demo UU Ciptaker Dibubarkan

Sebelumnya diberitakan, polisi membubarkan demontrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja yang berlangsung rusuh di depan kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Polisi membubarkan kerumunan buruh dan mahasiswa dengan cara menembakkan gas air mata dan menyemprotkan air melalui kendaraan meriam air atau water cannon.

Polisi yang mengamankan unjuk rasa tersebut sempat bertahan dan berupaya tidak terpancing dari aksi provokasi pendemo yang melemparkan batu, botol air mineral, serta petasan.

Selain melakukan aksi provokasi, seribuan orang demonstran juga melakukan pengrusakan fasilitas di halaman gedung DPRD yang masih satu kompleks dengan kantor Gubernur Jateng itu.

Selain menjebol gerbang Gedung DPRD Jateng, massa juga merusak ornamen-ornamen di sekitar lokasi unjuk rasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.