Sukses

Dari Makanan hingga Salon Gratis, Layanan Unik untuk Pasien RSHD Bengkulu

Liputan6.com, Bengkulu - Umumnya, rumah sakit hanya melayani rawat inap, rawat jalan, konsultasi, dan yang berkaitan dengan pengobatan. Namun, lain halnya dengan Rumah Sakit Umum Daerah Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu. Selain melayani hal tersebut, RSHD Kota Bengkulu yang menerapkan 3 S (Senyum, Sapa, dan Salam) itu juga memberi makan gratis bagi keluarga pasien setiap Jumat. Bahkan, salon gratis bagi pasien yang telah dinyatakan sembuh setelah rawat inap.

Sentuhan kecil bermanfaat besar ini lahir dari gagasan Wali kota Bengkulu Helmi Hasan. Menurutnya, dari awal didirikannya RSHD tahun 2014, mereka terus melakukan pembenahan dari berbagai aspek. Salah satunya ialah dari aspek pelayanan.

Targetnya, RSHD menjadi rumah sakit dengan pelayanan terbaik di Provinsi Bengkulu maupun tingkat Nasional. Meskipun APBD kota Bengkulu minim, tidak menutup kemungkinan untuk membesarkan RSHD Kota Bengkulu.

"Diawali niat yang baik, Insya Allah RSHD Kota Bengkulu akan menjadi rumah sakit terbaik di Provinsi Bengkulu, di Indonesia dan bahkan di dunia," Helmi Hasan menegaskan.

Pelayanan salon gratis ini bermaksud agar pasien yang telah selesai melakukan pengobatan di rumah sakit ini dapat kembali dengan segar dan bugar. Hadirnya RSHD ini diharapkan dapat menjawab keresahan masyarakat Bengkulu sehingga mereka dapat merasakan fasilitas gratis waktu berobat ke RSHD.

Siapa pun yang datang ke rumah sakit ini akan dilayani baik oleh dokter maupun perawatnya, dan ketika selesai berobat maka pasien akan mendapat pelayanan salon gratis supaya tetap segar bugar. Termasuk keluarga pasien diberi makan gratis setiap hari Jumat.

"Kami di sini melayani dengan sepenuh hati, bukan hanya melayani penyakitnya, kami juga melayani hatinya," terang Helmi.

Gebrakan inovasi yang terbilang langka ini mendapat respon dari warga. Yani Julikawati warga Kelurahan Rawa Makmur Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu yang mengalami sakit diabetes melitus mengaku mendapatkan pelayanan yang baik selama dirawat di sana.

"Alhamdulillah selama saya dirawat di sini, tidak pernah saya mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari pihak tenaga medis maupun pihak lain di RSHD. Semuanya bersikap ramah dan sopan," ujar Yani belum lama ini.

Selain pelayanan yang memuaskan, Yani juga merasa kenyamanan dengan suasana rumah sakit yang tenang dan bersih. Saat dirawat di sana, Yani juga sering menyampaikan pujiannya kepada petugas medis yang datang memeriksanya. Dia merasa betah dirawat di RSHD. Dokter dan perawat pun selalu menanggapi keluhan dengan sopan sambil tersenyum.

Dalam perjalanan menuju ruangan registrasi dan penebusan obat, tiba-tiba dia diadang oleh dua orang petugas yang menawarkan fasilitas salon kecantikan. Dia pun dibimbing oleh petugas menuju ruang perawatan RSHD Bengkulu.

"Saya tidak akan pernah lupa dengan apa yang diberikan RSHD kepada saya sebagai seorang pasien biasa," kata Yani.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini: