Sukses

Pemkot Bengkulu Siapkan Ambulans Gratis 24 Jam

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan telah menyiapkan ambulans gratis untuk warga yang tidak memiliki kendaraan jika ingin ke rumah sakit atau mengantar jenazah.

Liputan6.com, Bengkulu - Komitmen kepedulian Pemkot Bengkulu terhadap duka warganya memang sangat teruji. Melalui kebijakan populernya, Wali kota Bengkulu Helmi Hasan telah menyiapkan ambulans gratis untuk warga yang tidak memiliki kendaraan jika ingin ke rumah sakit atau mengantar jenazah.

Tidak tanggung tanggung, ambulans tersebut tidak hanya bersiaga di Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Harapan dan Doa, tetapi juga di semua kecamatan se-Kota Bengkulu.

Rully Saputra (28) salah seorang sopir ambulans mengatakan, mereka tidak hanya mengantar warga di dalam Kota Bengkulu dan kabupaten-kabupaten di Provinsi Bengkulu, tetapi ke luar Provinsi Bengkulu. Awalnya, banyak warga Kota Bengkulu yang memanfaatkan fasilitas ini, seperti hendak berobat ke rumah sakit karena sudah kritis, dan pengantaran jenazah dari rumah sakit ke rumah duka dan dari rumah duka ke Tempat Pemakaman Umum.

"Sekarang kami juga melayani mengantar orang sakit untuk berobat ke rumah sakit di luar Provinsi Bengkulu," ungkap Rully di Bengkulu, Selasa, 22 September 2020.

Ia mengaku profesi yang digelutinya sebagai supir ambulans Pemkot Bengkulu adalah wujud rasa kemanusiaannya serta mendukung program kepedulian untuk menghadirkan kebahagian di tengah–tengah masyarakat. Alhamdulillah mobil ambulans gratis ini sangat dirasakan masyarakat Kota Bengkulu, mulai dari penjemputan hingga kembali mengantarkan pasien, semuanya digratiskan.

Banyak suka duka yang dirasakan Ruly selama menjalankan tugas kemanusiaan ini, dengan niat tulus dan ingin membantu sesama yang sedang dalam kesusahan, sedikit banyak menguatkan dirinya untuk tabah menjalankan amanat mulia tersebut. "Senang bisa membantu masyarakat," ungkapnya.

Salah seorang warga yang merasakan manfaat ambulans gratis ini ialah Chandra Oktaviansyah warga kelurahan Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung yang beberapa bulan lalu ia mengalami luka akibat tersiram air keras. Dia mendapatkan bantuan dari Pemkot berupa biaya pengobatan dalam program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS) dan ambulans gratis.

Dia mengaku terharu, apalagi Wali Kota Helmi Hasan langsung mendatangi kediamannya untuk memberikan bantuan. Dengan penuh kepedulian beliau memberikan semua bantuan mulai dari biaya pengobatan melalui program JSPS dan memfasilitasi saya ambulans gratis dari Pemkot untuk rujukan dari Rumah Sakit M Yunus ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr Mohammad Hoesin Palembang.

"Saya sangat berterima kasih dengan semua upaya kepedulian beliau untuk meringankan musibah yang saya alami," ujar Chandra.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengungkapkan, ambulans yang dibeli melalui dana APBD itu sangat dibutuhkan oleh warga. Khususnya operasional bagi pasien yang terkendala tidak memiliki biaya menyewa ambulans.

Pelayanan ambulans gratis dan JSPS terus dijalankan dengan baik sampai saat ini. Progam ini telah banyak dirasakan masyarakat Provinsi Bengkulu. Apabila saat penjemputan pasien diharuskan untuk rujuk ke luar kota, Pemkot langsung menyiapkan ambulans untuk mengantarkan pasien selamat sampai tujuan.

"Ambulans ini bisa dapat digunakan mulai dari menangani pasien gawat darurat pra rumah sakit, korban lalu lintas, korban bencana, korban kebakaran dan kejadian-kejadian luar biasa lainnya," jelas Helmi. 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.