Sukses

Kisah Gajah Nia, Terjerat Jebakan hingga Lahirkan Bayi di PLG Minas Riau

Liputan6.com, Jakarta - Seekor bayi gajah Sumatera lahir di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Provinsi Riau, pada Jumat (18/09/2020) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

Anak gajah tersebut berjenis kelamin betina dan lahir dari induk gajah Sumatera yang bernama Nia.

Kabar bahagia ini kemudian sampai kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya. Menteri Siti memberikan nama untuk anak gajah tersebut, yakni Rizky.

 

Dikutip dari akun Instagram @KementrianLHK, nama tersebut adalah sebagai simbol bagi rejeki alam, lingkungan hidup, dan populasi yang berada di wilayah Sumatera.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, pada keterangan tertulisnya (20/09/2020) menyampaikan bahwa ini merupakan kelahiran dari gajah binaan BBKSDA Riau yang kedua pada tahun 2020 ini.

Sebelumnya, pada tanggal 3 Juli 2020 lalu, telah lahir seekor anak gajah jantan di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina, yang diberi nama Damar dari indukan bernama Ngatini, dengan pejantan bernama Robin.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Gajah Nia dan Bayinya

Suharyono menerangkan, setelah mengetahui lahirnya bayi gajah Rizky, tim medis BBKSDA Riau yang dikoordinasi oleh drh Rini Deswita langsung menuju ke PLG Minas untuk melakukan pengecekan kesehatan baik induk maupun bayi gajah tersebut.

Setelah melakukan pengecekan kesehatan, tim memberikan asupan multivitamin dan penguat otot melalui infus serta antibiotik kepada induk gajah Nia.

Adapun Rizky, anak gajah yang dilahirkan Nia mempunyai estimasi berat badan berdasarkan lingkar badan dan tinggi bahu adalah sekitar 81 kilogram. Baik Nia dan anak yang dilahirkannya dalam kondisi sehat.

Gajah Nia dahulu adalah seekor gajah yang berhasil dievakuasi dari Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau pada 14 Juli 2006 karena terkena jerat cukup parah di kaki sebelah kanan depan. Saat ini umur Nia sekitar 20 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.