Sukses

Pertama Kali Pesut Muncul di Sungai Segati Pelalawan

Liputan6.com, Pelalawan - Sungai Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan mencuri perhatian masyarakat dalam beberapa hari terakhir. Masyarakat memadati pinggiran sungai sejak munculnya seekor pesut atau lumba-lumba air tawar.

Pesut di Segati ini bersahabat dengan masyarakat. Setiap seperempat jam, mamalia ini menampakkan diri ke permukaan dan terkadang-kadang melompat.

Kapolsek Langgam Inspektur Dua Fadli menyebut telah menyaksikan kemunculan pesut ini bersama masyarakat sekitar.

"Panjangnya diperkirakan dua meter, tadi memunculkan diri ke permukaan," kata Fadli, Kamis petang, 17 September 2020.

Fadli menyebut masyarakat sangat antusias melihatnya karena selama ini satwa tersebut belum pernah muncul. Dia pun sudah mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai.

Selain itu, Fadli juga meminta masyarakat tidak memancing pesut ini ataupun tindakan lain yang bisa melukai mamalia air ini.

"Sehingga kita dapat menikmati keindahan alam yang diberikan di Kecamatan Langgam ini," ucap Fadli.

Fadli menceritakan, pesut pertama kali memperlihatkan diri pada 14 September 2020 di Sungai Tambak. Berikutnya, berpindah ke Sungai Tambak yang masih satu aliran dengan sungai sebelumnya.

"Kemudian lanjut ke Sungai Segati ini, setiap 15 menit sekali muncul ke permukaan," kata Fadli.

Fadli menyebut kehadiran pesut menjadi daya tarik. Tidak hanya masyarakat sekitar tapi ada juga warga daerah lain datang untuk menyaksikannya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: