Sukses

Deretan Dokumen Rahasia Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu

Selain memiliki mata uang sendiri, Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu di Cisewu, Garut, Jawa Barat memiliki sejumlah dokumen rahasia. Apa itu?

Liputan6.com, Garut - Perubahan posisi dan komposisi burung garuda dalam lambang negara, Garuda Pancasila, yang dilakukan Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat langsung memantik kehebohan masyarakat luas.

Posisi kepala garuda yang sejatinya menghadap kanan, justru menghadap ke depan sesuai dengan klaim mereka. Tidak hanya itu, komposisi badan garuda pun berubah, seiring penambahan bulatan berisi peta dunia dengan tulisan GARUDA BOLA DUNIA.

Bahkan, semboyan Bhinneka Tunggal Ika tak luput dari perubahan dengan penambahan kata ‘Soenata Logawa’, hingga akhirnya menjadi 'Bhineka Tunggal Ika Soenata Logawa' yang dilakukan Ketua Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu, Cakraningrat alias Sutarman.

Selain memiliki mata uang sendiri, Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu di Cisewu, Garut, Jawa Barat memiliki sejumlah dokumen rahasia. Berikut beberapa dokumen penting yang berhasil diperoleh Liputan6.com dari salah satu pengurus Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mata Uang Kandang Wesi

3 dari 6 halaman

Surat Wasiat

4 dari 6 halaman

Daftar Kekayaan 'Amanat' Bangsa Indonesia

5 dari 6 halaman

Surat Peringatan

6 dari 6 halaman

Maklumat Paguyuban

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.