Sukses

Jadi Wisata Premium, Gubernur NTT Larang Warga Jual Tanah

Viktor meminta warga untuk melihat kepemilikan tanah sebagai peluang bisnis yang bagus dengan membuka usaha seperti menyediakan rest area bagi para pengunjung baik domestik maupun mancanegara

Liputan6.com, Kupang - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (4/9/2020).

Kunjungan Viktor itu dalam rangka memastikan secara langsung komitmen pembangunan pemerintah terealisasi di lapangan, sekaligus melihat kendala yang dihadapi dalam pelaksanaanya.

Di hadapan warga, Viktor mengingatkan untuk tidak menjual tanah kepada orang luar. Tetapi dapat melihat ini sebagai peluang bisnis yang bagus dengan membuka usaha seperti menyediakan rest area bagi para pengunjung baik domestik maupun mancanegara, sehingga mereka dapat menikmati keindahan alam di Manggarai Barat dengan nyaman.

“Tanah ini adalah aset berharga milik kita. Saya minta jangan pernah dijual. Cukup disewakan saja kepada orang yang ingin usaha di tanah ibu dan bapak sekalian. Biarkan generasi-generasi setelah kita, tetap menjadi pewaris atas tanah di daerah ini," ucap Viktor.

Ia mengajak semua elemen untuk serius dalam membangun daerah khususnya Manggarai Barat dengan bekerja sungguh-sungguh untuk rakyat agar tak ketinggalan dari daerah-daerah lain. Ia juga menyinggung permasalahan ketersediaan listrik, air dan jaringan komunikasi yang masih kurang di Manggarai Barat.

“Kita masih bicara tentang jalan yang rusak, air yang terbatas, listrik yang tidak ada, sinyal yang tidak ada. Ini adalah kebutuhan yang harus kita penuhi dan kita harus mengejar ketertinggalan ini. Koordinasi dan kerja lintas sektor kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan ini," katanya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun SMK Pariwisata

“Kita punya perkebunan yang luar biasa, baik itu coklat dan kopi yang merupakan kopi terbaik di dunia, namun kita tidak boleh hanya jual bahan baku saja, tapi kita juga harus mampu harus sediakan industrinya,” ucapnya lagi.

Ia berharap masyarakat Manggarai Barat memiliki jiwa kewirausahaan karena Manggarai Barat merupakan salah satu daerah pariwisata super prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Viktor mengatakan, untuk menunjang pariwisata di daerah tersebut, Pemprov NTT akan membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata, sehingga dapat mempersiapkan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) lebih terampil dan profesional.

“Saya tidak mau bangun SMA disini, tetapi saya akan sediakan SMK Pariwisata agar anak-anak kita mempunyai keterampilan dan keahlian dalam bidang pariwisata,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat mengapresiasi kedatangan gubenur NTT. Menurut dia, arahan Gubernur NTT memotivasi agar Pemda lebih giat membangun sehingga Manggarai Barat semakin maju dan berkembang.

Tidak saja hanya di Labuan bajo, tetapi kecamatan-kecamatan lain pun berpotensi untuk maju dan berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.