Sukses

Menakar Peluang Pemimpin-Pemimpin Daerah dalam Pilgub Bengkulu

Liputan6.com, Bengkulu - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan ternyata bisa unggul dari 6 orang kepala daerah dan wakil kepala daerah yang saat ini masih menjabat atau petahana (incumbent). Hasil ini terungkap dalam rilis hasil pengolahan survei data yang dilaksanakan lembaga Fixpoll Research and Strategic Consulting.

Enam orang petahana masuk dalam 13 nama yang terjaring dari 640 responden yang menggunakan metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling itu. Dari nama-nama itu, Helmi lebih populer dengan persentase 64,8 persen. Saingan petahana terdekat Helmi adalah Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan persentase popularitas sebesar 63,2 persen.

Angka tersebut jauh mengungguli Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli dengan 33,2 persen, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi 31,2 persen, Wakil Gubernur Dedy Ermasyah dengan 31,2 persen, Bupati Lebong yang juga kader PDI Perjuangan Rosjonsyah Syahili 27,3 persen, dan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dengan 11,7 persen.

Direktur Fixpoll Media Poling Indonesia Mohamad Anas RA mengatakan, ukuran sampel 640 responden tersebut memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar lebih kurang 4,07 persen. Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

"Responden terpilih diwawancara lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih," tegas Anas di Bengkulu Senin, 3 Agusuts 2020.

Hasil survei secara umum dari 13 nama tokoh yang terjaring untuk Pilkada serentak 9 Desember 2020 ini, ternyata nama Agusrin M Nadjamuddin, mantan gubernur Provinsi Bengkulu yang menang dalam dua kali Pilkada itu menduduki urutan teratas dengan persentase sebesar 76,2 persen. Sementara Helmi Hasan ada di posisi kedua dan Rohidin Meryah di posisi ketiga.

Survei juga merilis hasil seandainya Pilkada Gubernur Bengkulu digelar hari ini dan hanya diikuti dua nama yaitu Helmi Hasan dan Rohidin Mersyah, hasilnya Helmi mampu unggul dengan angka 28,8 persen dari Rohidin yang hanya memperoleh 22,6 persen dengan responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 46,8 persen. Artinya, jika terjadi head to head, maka Pilkada akan dimenangi oleh Helmi Hasan.

Sementara itu, untuk tingkat popularitas posisi wakil gubernur, muncul nama mantan Bupati Bengkulu Utara yang saat ini duduk sebagai ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Bengkulu DR Imron Rosyadi.

Imron jauh unggul dari 9 nama lain, termasuk wakil gubernur pertahana Dedy Ermansyah, mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bengkulu Izda Putra, mantan anggota DPR RI dari Partai Nasdem Anarulita Mochtar, dan mantan ketua DPD Partai Hanura Muslihan DS.

"Kami juga melakukan simulasi beberapa pasang nama, hasilnya tidak jauh berbeda dengan tingkat keterkenalan secara individu," kata Mohamad Anas.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini: