Sukses

Rasa Syukur Warga Langkat Usai Sapi Brahman Seberat 1,1 Ton Dibeli Jokowi

Liputan6.com, Langkat - Seorang warga Desa Batu, Kecamatan Malenggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), merasa sangat bersyukur. Sebab, menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, hewan ternaknya dibeli oleh Presiden Jokowi untuk kurban.

Warga Langkat tersebut bernama Rustam. Diungkapkannya, bukan kali ini saja hewan ternaknya dibeli oleh orang nomor satu di Republik Indonesia. Idul Adha tahun lalu, hewan ternaknya juga dibeli oleh Jokowi.

"Alhamdulillah. Ini kedua kalinya. Saya sangat bersyukur sapi dari peternakan saya dibeli oleh Pak Jokowi," kata Rustam, Kamis (30/7/2020).

Diungkapkan Rustam, sapi untuk kurban yang dibeli Jokowi berjenis Brahman dengan berat sekitar 1.100 Kilogram atau sekitar 1,1 ton.

Sapi yang dirawatnya tersebut menjadi hewan kurban milik Presiden Jokowi, dan akan disembelih di Masjid Agung, Kota Medan.

"Saya ucapkan syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT," ungkapnya.

2 dari 5 halaman

Harga Sapi

Mengenai harga, sapi tersebut dibeli Jokowi dari Rustam dengan harga sebesar Rp79 juta. Harga sapi yang dibeli Jokowi tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Harga sapi tahun lalu dengan berat 1,5 ton dibeli dengan harga Rp88 juta.

"Harganya dilepas (dibeli) Rp79 juta, berbeda dengan tahun kemarin," ucapnya.

Saat ini Rustam merupakan salah satu peternak yang tergolong sukses. Sebab, hewan ternak yang dimilikinya berjumlah puluhan ekor sapi.

Dengan dibelinya sapi miliknya oleh Jokowi untuk kurban, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Rustam.

"Pastinya menjadi kebanggan dan kepuasan tersendiri bagi saya. Apalagi yang beli Pak Jokowi. Sudah dua kali, tahun kemarin dan tahun ini," sebutnya.

3 dari 5 halaman

Dirawat Sepenuh Hati

Diakui Rustam, dirinya merawat sapi yang dibeli oleh Jokowi dengan sepenuh hati.

Bahkan, sapi akan dirawat dengan baik sampai diantar ke Medan dari Langkat. Rencananya, sapi akan disembelih untuk kurban tepat pada Idul Adha, Jumat, 31 JuliĀ 2020.

"Merawat sapi ini tidak sembarangan, komunikasinya juga, harus baik," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Periksa Kesehatan Sapi

Sapi yang dibeli Jokowi sebelumnya telah diperiksa kesehatannya oleh Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumut, Muhamin Damanik. Sapi yang dibeli Jokowi untuk kurban harus yang terbaik kualitasnya di daerah Sumut.

Tidak hanya itu, sapi juga harus sesuai spesifikasi yang disyaratkan pemerintah pusat. Seperti memiliki bobot di atas 900 Kilogram dan cukup usia yang dibuktikan dengan telah bergantinya empat pasang gigi susu menjadi gigi seri permanen.

"Kita selama satu bulan menjajaki peternak dan sapi-sapi terbaik di Sumut, hingga akhirnya kembali memilih milik peternak atas nama Rustam," terang Muhamin.

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut: