Sukses

Sapi Kurban Jokowi Seberat 1 Ton Diserahkan Menag ke Masjid Istiqlal

Adapun hewan kurban Jokowi yang diserahkan ke Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis peranakan ongole.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Menteri Agama Fachrul Razi yang mewakili Presiden dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

"Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak," kata Fachrul Razi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (30/7/2020).

Adapun hewan kurban Jokowi yang diserahkan ke Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis peranakan ongole. Sapi ini berasal dari Tulang Bawang, Lampung yang memiliki bobot 1.088 kilogram.

Menurut Fachrul, sebaiknya daging hewan kurban dibagikan kepada fakir miskin dan masyarakat yang lebih membutuhkan. Hal ini mengingat Hari Raya Idul Adha 2020 jatuh di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. 

"Kita selalu berpesan kepada seluruh umat Indonesia yang berkurban, karena memang situasi kita seperti ini, hendaknya sebanyak-banyaknya diberikan kepada fakir miskin atau kepada mereka yang terdampak Covid-19," jelasnya.

Selain di Masjid Istiqlal, Jokowi juga menyalurkan satu hewan kurban di seluruh provinsi. Masing-masing provinsi mendapatkan satu sapi dengan bobot 800 kilogram hingga 1 ton.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 31 Juli

"Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden yang dalam situasi Covid-19 ini berkenan untuk menitipkan kurbannya di Masjid Istiqlal yang kita banggakan ini," ujar Fachrul.

Dalam acara penyerahan hewan kurban tersebut turut hadir Imam Besar Masjid Istiqlal K.H. Nasaruddin Umar dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Seperti diketahui, Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Pengumuman itu disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi usai menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Zulhijah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.