Sukses

Kabar Baik, Jumlah Laboratorium PCR COVID-19 di Sumut Bertambah

Jumlah laboratorium Biomolekuler PCR (Polymerase Chain Reaction) COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bertambah. Kali ini penambahan dari Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan (RS PHC Medan) milik PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo 1.

Liputan6.com, Medan Jumlah laboratorium Biomolekuler PCR (Polymerase Chain Reaction) COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bertambah. Kali ini penambahan dari Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan (RS PHC Medan) milik PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo 1.

Direktur Utama PT Prima Husada Cipta Medan, Rudi Susanto mengatakan, RS PHC Medan sudah dapat memberikan layanan pemeriksaaan swab PCR virus Corona COVID-19, terhitung mulai tanggal 11 Juni 2020. Di Sumut, sebelumnya telah beroperasi di RS Adam Malik dan RS Universitas Sumatera Utara (USU).

"RS PHC Medan menjadi rumah sakit BUMN pertama di Sumut yang dapat melakukan pemeriksaan dengan menggunakan metode swab dan pemeriksaan menggunakan PCR," kata Rudi.

Dijelaskannya, alat PCR tersebut merupakan bantuan pinjaman yang diberikan dari Kementerian BUMN melalui Pertamina Bina Medika IHC, dalam rangka upaya mempercepat penanganan pandemi COVID-19 yang ada di Sumut.

Pemeriksaan swab PCR di RS PHC Medan memiliki kapasitas 380 sampel sekali running. Di tahap awal, RS PHC Medan dapat mengerjakan 50 sampel per hari dikarenakan alat ekstraksi yang dimiliki masih manual, namun secara bertahap akan ditingkatkan kapasitas pemeriksaannya menjadi 180 sampel per hari jika ekstraksi automatic yang sedang dalam perencanaan pembelian, tiba di RS PHC Medan.

"Saat ini, RS PHC Medan melakukan optimalisasi alat PCR tersebut dengan beberapa sampel dari internal, serta bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran USU bagian mikrobiologi," jelasnya. 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Pengiriman Sampel Swab

Diterangkan Rudi, bagi pasien mandiri yang ingin melakukan swab PCR COVID-19 atau bagi rumah sakit yang ingin mengirimkan sampel hasil swab, dapat langsung mendatangi RS PHC Medan di Jalan Stasiun, Nomor 92, Kecamatan Medan Belawan.

Pasien atau rumah sakit juga bisa mengunjungi Klinik Pratama Krakatau di Jalan Gunung Krakatau, Nomor 112, Medan, tepat di sebelah Kantor BKKBN pada hari Senin ampai dengan Sabtu, pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB.

"RS PHC Medan juga siap melayani kunjungan ke tempat pasien atau kantor-kantor untuk pengambilan swab PCR COVID-19, dengan ketentuan minimal untuk 10 orang secara kolektif," terangnya.

Kehadiran Laboratorium Biomolekuler PCR ini merupakan bentuk dukungan Kementerian BUMN melalui Pelindo 1, yang diharapkan dapat mempercepat penanganan virus Corona COVID-19 khususnya dalam hal pemeriksaan swab PCR di Sumut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.