Sukses

4 Tenaga Medis di Solo Positif Covid-19

Liputan6.com, Solo - Sebanyak empat tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Puskesmas Pembantu (Pustu) dan satu aparatur sipil negara (ASN) Dinas Sosial (Dinsos) dinyatakan positif Covid-19. Selanjutnya, para pasien yang terpapar positif Covid-19 itu dirawat di RSUD Bung Karno Solo.

Kepala Dinkes Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan lima ASN di lingkungan Pemkot Solo yang positif Covid-19 di antaranya empat orang merupakan nakes di Dinkes Kota Solo dan satunya bekerja di Dinsos.

"Kelimanya saat ini dirawat di RSUD Bung Karno," kata dia di Solo, Senin, 1 Juni 2020.

Ning, sapaan akrabnya menambahkan empat nakes yang positif Covid-19 dalam kondisi baik dan tidak memiliki gejala infeksi. Alhasil, nakes tersebut tergolong Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Mereka enggak ada gejala. Kondisinya semua bagus dan sehat, jadinya termasuk OTG. Mereka langsung saya ambil di rumah untuk dibawa ke rumah sakit," ucapnya.

Adanya nakes yang terpapar Covid-19, pihaknya langsung melakukan tracing (penelusuran) di Pustu yang menjadi tempatnya bekerja serta kontak erat. Selanjutnya, mereka pun diminta untuk menjalani karantina mandiri. Adapun keempat Pustu yang ditutup itu meliputi Pustu Mojosongo I, Mojosongo II, Semanggi I, dan Semanggi II.

"Ada 40-an nakes lain yang harus melakukan karantina mandiri. Terus, kami meminta izin agar empat Pustu ditutup sementara. Mereka sudah kami jadwal untuk rapid test dan uji swab," ucapnya.

Hanya saja untuk menelusuri kontak erat di lingkungan tempat tinggalnya, pihak Dinkes Solo akan bekerjasama dengan pemerintah daerah sekitar. Pasalnya, mereka berasal dari luar Solo. "Mereka itu rumahnya dua dari Sukoharjo, dua dari Karanganyar dan satu dari Klaten," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: