Sukses

Detik-detik Akhir Pelarian Youtuber Ferdian Paleka Tertangkap Polisi

Liputan6.com, Bandung Pelarian Youtuber Ferdian Paleka akhirnya terhenti. Pemuda yang viral di media sosial dengan video prank bagi-bagi sembako berisi sampah dan batu kepada sejumlah transpuan di Bandung itu ditangkap pihak kepolisian, Jumat (8/5/2020) pukul 00.30 WIB.

Ferdian telah menjadi daftar pencarian orang (DPO) polisi sejak beberapa hari terakhir. Ia bersama dua rekannya dilaporkan telah membuat perbuatan tak menyenangkan karena video prank yang bermuatan penghinaan terhadap manusia.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung Galih Indragiri mengatakan, Ferdian berhasil ditangkap Tim Satreskrim Polrestabes Bandung bersama tim Jatanras Polda Jabar di wilayah Tangerang. Tepatnya di Tol Jakarta-Merak pada pukul 00.30 WIB dini hari.

"Sudah ketangkap di jalur tol Merak-Jakarta, tepatnya di daerah Balaraja. Dikejar ke Palembang, melarikan diri nyebrang lagi ke Pelabuhan Bakauheni-Merak," ujar Galih.

Dalam penangkapan tersebut, polisi juga mengamankan M. Adil, salah satu dari tiga orang yang terlibat dalam video prank ke transpuan. Selain itu, di dalam mobil tersebut ada paman Ferdian bernama Jamaludin.

"Untuk info awal bahwa para tersangka kasus prank sudah diamankan semua. Selain Tubagus Fahddinar yang sudah dulu diamankan tim Satreskrim Polrestabes Bandung," kata Galih.

2 dari 4 halaman

Sempat Terlacak di Bogor

Sebelumnya, pada Rabu (6/5/2020) lalu, polisi sempat mengendus keberadaan DPO Ferdian dan Aidil di kawasan Cileungsi, Bogor. Hal itu diketahui melalui laporan kendaraan sedan hitam milik Ferdian.

Belakangan mobil tersebut sudah disita. Namun di mobil tersebut hanya terdapat ayah Ferdian Paleka.

"Semula kami kira Ferdian. Namun ternyata orang tuanya," ujar Galih.

Polisi kemudian menyebarkan foto Ferdian kepada seluruh anggota untuk melakukan pencarian. Sementara ayahnya diperiksa sebagai saksi.

3 dari 4 halaman

Kabur ke Palembang

Ferdian nyaris sepekan menjadi buron karena kasus video prank-nya membagi-bagikan bantuan sosial abal-abal kepada sejumlah transpuan.

Selama masa perburuan, Ferdian sempat kabur ke Palembang.

"Iya benar, Ferdian Paleka memang sempat singgah di Palembang," kata Kabid Humas Polda Jabar Komisaris Besar Saptono Erlangga, Jumat (8/5/2020).

Setelah mendapati informasi tersebut, tim gabungan menyisir sejumlah lokasi yang diduga menjadi lokasi persembunyian Ferdian.

"Kami kejar dari Palembang sampai ke Pelabuhan Merak. Rencananya pelaku mau kembali ke Bandung," tuturnya.

Ferdian Cs akhirnya ditangkap di Jalan Tol Jakarta-Merak Kilometer 19 Balaraja, Tangerang. Banten, sekitar pukul 00.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Dibawa ke Mapolda Jabar

Sementara itu, usai dibekuk petugas gabungan, Ferdian dan kawan-kawan dibawa ke Mapolda Jabar. Ia menjalani pemeriksaan penyidik atas kasusnya.

"Kini para tersangka sementara dibawa ke Ditreskrimum Polda Jabar," ucap Galih.

Ferdian dikenakan Pasal 45 Ayat 3 UU ITE tentang penghinaan atau pencemaran nama baik melalui informasi elektronik. Selain itu, polisi juga menerapkan dua pasal tambahan yaitu Pasal 36 dan Pasal 51 Ayat 2 UU No 11/2008.

Simak video pilihan di bawah ini: