Sukses

Heboh Aksi Prank Youtuber Bandung Ferdian Paleka Bikin Murka Warganet

Aksi prank Youtuber Bandung Ferdian Paleka dianggap melecehkan kemanusiaan.

Bandung - Ferdian Paleka, Youtuber asal Bandung tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Dirinya baru saja membuat konten video yang dianggap melecehkan waria dan sejumlah anak melalui aksi prank.

Video yang diunggah pada Minggu (3/5/2020) berjudul berjudul 'PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL' mendapat kecaman dari banyak orang. Video prank itu menggambarkan Ferdian dan dua rekannya membawa kardus mie instan dalam sebuah mobil. Mereka mengisinya dengan sampah lalu membagikannya ke waria yang mereka cari di jalanan Kota Bandung.

Selang 15 jam setelah diunggah, video itu tak bisa lagi diakses. Namun warganet sudah keburu murka dan menganggap video prank itu berlebihan sekaligus melecehkan manusia. Salah satu korban pun mengaku sudah melapor ke aparat kepolisian Kota Bandung.

Kediaman YouTuber Ferdian Paleka di Kavling Bojong Koneng Indah, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, bahkan sempat digeruduk massa yang murka. Menurut informasi yang dikutip dari laman Ayobandung, warga yang marah dengan kelakuan Ferdian mendatangi rumahnya pada Minggu malam (3/5/2020).

Massa yang terdiri dari warga dan anggota kepolisian itu merasa tak terima dengan aksi Ferdian yang membuat video prank pura-pura memberikan bantuan sembako kepada transpuan namun ternyata isinya sampah. 

Video penggerudukan rumah Ferdian Paleka itu dibagikan di akun Instagram @sekitarbandungcom. Namun menurut keterangan, massa tak berhasil menemui Ferdian yang diduga kabur usai mengetahui kemarahan warga akibat video yang ia buat. 

"Namun yang bersangkutan tidak ada di lokasi. Pihak keluarga sendiri pasrah dan menyerahkan kasus konten kontroversi FP dkk kepada pihak kepolisian," ujar akun tersebut.

Warga yang dibantu anggota kepolisian kemudian melakukan mediasi dengan keluarga Ferdian. Dalam foto yang dibagikan akun Twitter @kabar.jabar, terlihat 3 orang perwakilan dari warga dan kepolisian tengah berbicara dengan 2 orang perempuan yang merupakan anggota keluarga Ferdian.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.