Sukses

Update Covid-19, Bertambah 2 Pasien Positif di Sulut

Liputan6.com, Manado - Dua perempuan warga Manado terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga Senin (06/04/2020), total pasien positif Covid-19 di Sulut berjumlah lima orang.

“Untuk dua orang pasien positif Covid-19 ini riwayat perjalanan bersama-sama pelaku perjalanan dari luar negeri,” ungkap Sekretaris Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel dalam jumpa pers yang digelar, Senin (06/04/2020).

Diketahui sejak kasus Covid-19 pertama di Sulut diumumkan pada Sabtu (14/03/2020) silam, total pasien terkonfirmasi Covid-19 sudah berjumlah 5 orang.

Empat di antaranya mempunyai riwayat perjalanan luar negeri, sedangkan satu lagi merupakan tenaga medis yang menangani pasien pertama.

Pasien pertama dinyatakan sembuh, meski kemudian meninggal dunia karena gagal ginjal, sedangkan 4 pasien lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 19, dan Orang Dalam Pantauan (ODP) berjumlah 338.

 

2 dari 2 halaman

Bantuan APD dan Masker

Pemprov Sulut kembali mendapat bantuan puluhan ribu Alat Pelindung Diri (APD) dan masker dari pemerintah pusat, Minggu (05/04/2020). Alat kesehatan ini diangkut dengan Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdurahman Saleh Malang.

“Setelah tiba di Lanud Sam Ratulangi Manado, seluruh kru pesawat langsung diperiksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya. Seluruh barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan disinfektan,” ungkap Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana.

Sumaryana menerima sekaligus menandatangani berita acara serah terima APD berjumlah 80 koli atau sekitar 4 ribu, dan 10 koli masker atau sekitar 20 ribu buah. Bantuan ini kemudian diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debby Kalalo.

“Bantuan ini sudah yang kedua kalinya kami terima. Setelah sebelumnya pada pekan lalu,” ungkap Sumaryana.

Sumaryana mengatakan, bantuan yang pertama dibawa menggunakan pesawat TNI AU CN-295 A-2907 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma, sedangkan kali ini menggunakan Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdurahman Saleh Malang.

“TNI AU melalui Lanud Sam Ratulangi mendukung pemerintah untuk percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya membantu mendistribusikan APD dan masker yang digunakan untuk keperluan para tenaga medis dalam menangani dan merawat pasien yang terpapar Covid 19.

Setelah diterima oleh pihak BPBD dan Dinkes Sulut, APD dan masker yang diterima itu langsung diangkut dengan menggunakan mobil boks untuk selanjutnya akan segera menyalurkan ke Puskesmas, beberapa rumah sakit rujukan, dan tiga rumah singgah.

Proses bongkar muat APD dan masker ini mendapat pengawasan langsung dari Danlanud Sam Ratulangi beserta para perwakilan Forkopimda Sulut yang hadir.