Sukses

Pemprov Jabar Sebar Ribuan Bantuan APD, Sebagian dari Jack Ma Alibaba

Pemprov Jabar melalui Dinas Kesehatan menyalurkan bantuan APD tahap ketiga ke kabupaten/kota dengan total bantuan 16.963 APD.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) tahap ketiga ke kabupaten/kota dengan total bantuan 16.963 APD. Seluruh APD tersebut ditujukan bagi 189 rumah sakit dan lima institusi di Jabar.

"Kami sudah mendistribusikan APD kurang lebih 16.900 ke rumah sakit dan daerah, termasuk yang dikirim Jack Ma dari Alibaba yang memang diperuntukkan untuk Indonesia melalui Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (3/4/2020).

Bentuk bantuan penanganan Covid-19 dari co-founder Alibaba Group Jack Ma diberikan melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Ada APD, test swab, masker, dan lainnya. Alhamdulillah sudah dibantu oleh pemerintah pusat dalam hal ini Pak Luhut, juga sebagian sumbernya datang dari Jack Ma, Alibaba Foundation," tutur pria yang akrab disapa Emil itu.

Emil pun mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak yang sudah bahu-membahu dalam penanggulangan Covid-19 di Jabar. Dirinya berharap, akan semakin banyak pihak yang bekerja sama dalam menangani pandemi global ini.

"Saya mengimbau juga kepada masyarakat, mari bergotong royong menyumbangkan tenaga, pikiran, edukasi atau hartanya, sedikit untuk kepentingan memberantas Covid-19 ini. Yang sudah melakukan, saya ucapkan terima kasih dan mudah-mudahan dengan kekompakan, Insyaallah kita pasti menang melawan Covid-19," ujar Emil.

Seperti diketahui, jumlah kasus positif virus Corona di Jawa Barat sampai Sabtu (4/4/2020) pukul 12.00 WIB, ada 226 kasus. Data tersebut diperoleh dari situs pantau Covid-19 Pemprov Jabar melalui pikobar.jabarprov.go.id.

Sementara orang meninggal akibat virus Corona di Jabar jumlahnya mencapai 26 orang dan 12 orang dinyatakan sembuh.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Distribusi Bantuan APD

Kepala Dinkes Jabar Berli Hamdani mengatakan, 189 rumah sakit yang menerima bantuan 16.963 APD ini tersebar di hampir seluruh wilayah Jabar, di antaranya RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Indramayu, RSUD Gunung Jati Cirebon, RSU PMI Bogor, RS Puri Cinere Depok, RS Permata Bekasi, RSUD Ciamis, hingga RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya.

Sementara lima institusi Jabar yang juga menerima bantuan APD adalah Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Labkesda Jabar), Landasan Udara Husein Sastranegara, BPKPM Jabar, BPSDM Jabar, serta Dinas Kesehatan Jabar.

"Harapannya akan semakin banyak APD yang bisa kami distribusikan ke seluruh rumah sakit di Jabar maupun instansi daerah yang menjadi tempat pelaksanaan fungsi pelayanan," kata Berli.

Adapun dua tahap pendistribusian APD sebelumnya yakni 11.382 APD berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan BNPB serta 619 APD berasal dari corporate social responsibility (CSR) PT Jasa Medivest yang merupakan salah satu anak BUMD di Jabar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.