Sukses

5 Warganya Positif Covid-19, Kota Prabumulih Masuk Zona Merah

Liputan6.com, Palembang - Jumlah pasien yang positif Corona Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) terus bertambah. Setelah tiga orang warga Sumsel dinyatakan positif Covid-19 pada hari Selasa (31/3/2020), kali ini ada enam orang warga Sumsel yang juga terdeteksi Covid-19, diantaranya merupakan warga Kota Prabumulih Sumsel.

Padahal sebelumnya, dari tiga orang pasien positif Covid-19, salah satunya merupakan tenaga medis asal Prabumulih. Sedangkan dua orang pasien positif Covid-19 yang pertama kali meninggal dunia, salah satunya merupakan warga Kota Prabumulih Sumsel.

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Sumsel Yusri mengatakan, Kota Prabumulih Sumsel akhirnya harus ditetapkan status Zona Merah.

“Tiga orang (pasien positif Covid-19) ada kasus kontak dari pasien ES asal Kota Prabumulih. Karena ada transmisi lokal, maka Prabumulih ditetapkan sebagai Zona Merah,” katanya, Kamis (2/4/2020).

Untuk tiga pasien lainnya, yaitu dari Kota Palembang dan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel . Ada juga satu orang pasien yang merupakan warga pendatang dari Ibu Kota Jakarta, yang mengalami sakit saat berkunjung ke rumah keluarganya di Kota Palembang.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel sendiri akan langsung mengisolasi warga Sumsel, yang sudah melakukan kontak dengan pasien Corona Covid-19.

“Jika tidak ada gejala, harus isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Namun jika hasilnya positif dari hasil laboratorium swap tenggorokan, harus dipantau di rumah sakit. Pasien itu harus mengikuti pemeriksaan laboratorium sebanyak dua kali,” katanya.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumsel Zen Ahmad membeberkan identitas keenam pasien positif Covid-19 terbaru, termasuk warga Kota Prabumulih.

Pasien 06 merupakan seorang perempuan berusia 36 tahun, berasal dari Kota Palembang dan terjangkit Covid-19 kategori import.

Lalu, pasien 07 merupakan perempuan berusia 20 tahun, yang berasal dari Kabupaten OKI Sumsel. Pasien ini juga terjangkit Covid-19 secara import, atau dari daerah lain.

 

2 dari 2 halaman

Pasien Asal Prabumulih

“Ada warga asal Ibu Kota Jakarta yang datang ke rumah keluarganya di Kota Palembang, pasien 08 adalah laki-laki berusia 44 tahun,” ujarnya.

Sedangkan tiga orang pasien positif Covid-19 asal Kota Prabumulih, merupakan dua orang pria berusia 42 tahun dan 62 tahun, serta perempuan berusia 60 tahun. Peningkatan jumlah kasus Covid-19 ini terjadi, karena tim kesehatan melakukan tracking dari kasus sebelumnya.

Zen Ahmad pun mengimbau agar warga Sumsel jangan panik, tetap waspada, terus menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imum tubuh yang cukup.

“Harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, mencuci tangan dan menghilangkan kebiasaan mengusap mulut dan hidung. Serta jaga Social Distancing dan Physical Distancing,” katanya.