Sukses

Kabar Baik, 2 Pasien Lagi di Bali Sembuh dari Corona COVID-19

Liputan6.com, Denpasar Kabar baik datang dari Provinsi Bali. Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, memaparkan pada hari ini, Selasa (31/3/2020) dua orang pasien dinyatakan sembuh dari paparan Virus Corona COVID-19.

“Hari ini 2 orang WNI asal Bali dinyatakan sembuh. Total pasien yang sembuh sampai hari ini berjumlah 4 orang terdiri dari 1 WNA dan 3 WNI,” terang Dewa Made Indra saat memberi keterangan resmi melalui saluran live streaming di akun Youtube Pemprov Bali.

Dewa Made Indra menjelaskan indikator pasien dinyatakan sembuh dari Virus Corona COVID-19 dan dipersilakan kembali ke kediamannya. Katanya, ada dua alat ukur untuk menentukan seorang pasien sembuh dari Virus Corona COVID-19.

Pertama, seorang pasien dinyatakan sembuh dilihat dari kondisi kesehatannya yang kita lihat. “Dia tidak lagi menunjukkan gejala sakit,” katanya.

Indikator kedua, secara klinis hasil uji laboratorium terhadap sampel swap-nya negatif Corona COVID-19. “Secara klinis hasil uji laboratoriumnya negatif dua kali berturut-turut. Baru dia dinyatakan sehat dan dipulangkan. Karena sudah melalui isolasi di rumah sakit, maka pasien yang dinyatakan sembuh tidak dikarantina lagi,” tutur dia.

Di sisi lain, Dewa Made Indra memaparkan jika data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga hari ini berjumlah 155 orang. “Ada penambahan 9 orang yang terdiri dari 2 WNA dan 7 WNI,” katanya. Dari 155 sampel yang telah diuji, telah keluar hasil sampel 116 orang yaitu 97 orang negatif, 19 orang positif. “Dengan artian, hingga hari ini tidak ada penambahan kasus positif COVID-19 di Provinsi Bali,” tutur dia.