Sukses

Polres Kebumen Bagi-Bagi Masker Gratis untuk Cegah Covid-19

Merespons mewabahnya virus Corona alias Covid-19 di Indonesia, polisi membagikan masker gratis untuk pengguna jalan yang melintas di perempatan Polres Kebumen

Liputan6.com, Kebumen - Langkah nyata dilakukan oleh Kepolisian Resor Kebumen, merespons mewabahnya virus Corona alias Covid-19 di Indonesia. Polisi membagikan masker gratis untuk pengguna jalan yang melintas di perempatan Polres Kebumen, Jumat, 13 Maret 2020.

Puluhan pengguna jalan ini mendapatkan masker cuma-cuma alias gratis oleh Kapolres menjelang pelaksanaan salat Jumat. Masker diperlukan agar para pengguna jalan lebih sehat, termasuk untuk menangkal virus Corona.

“Kegiatan itu adalah kegiatan Jumat ramah, Polri peduli lingkungan,” katanya, Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Menurut dia, langkah Polres Kebumen ini sekaligus upaya untuk meringankan kesulitan masyarakat di tengah kelangkaan stok masker di berbagai wilayah.

Namun begitu, dalam kesempatan yang sama, Kapolres pun mengimbau agar warga tidak mudah menerima pemberian masker dari orang yang tidak dikenal.

"Jangan mudah percaya dan hati-hati. Kalau bukan petugas yang legal, jangan mudah menerima pemberian masker. Kita tidak tahu apakah masker itu aman buat kita," dia mengungkapkan.

Menurut dia, masyarakat perlu memastikan keamanan masker yang hendak digunakan. Langkah terbaik yakni membeli masker di apotek atau tempat yang benar (toko resmi) demi pencegahan virus Corona.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PHBS di Sekolah

“Jika ada warga masyarakat memberikan masker dengan cara memaksa, warga masyarakat harus curiga. Jangan sampai ada niat buruk di balik niat baik,” ujarnya.

Selain bagi-bagi masker untuk pengguna jalan, AKBP Rudy juga menyemprotkan "Hand Sanitizier" ke telapak tangan para pengguna jalan. Ini dilakukan agar tangan bersih dari kuman ataupun virus yang menempel.

Selain membagikan masker gratis di jalan, Polres Kebumen juga membagikan Hand Sanitizier untuk sekolah demi pencegahan penyakit, terutama virus Corona.

Kepolisian juga mensosialisasikan sanitasi lingkungan dan pola hidup bersih dan sehat (PHPS). Salah satunya yakni dengan cuci tangan yang bersih dan benar. Sebanyak 480 murid kelas 7 dan 8 mengikuti pengarahan Kapolres di aula SMP Negeri 1 Kebumen.

"Cuci tangan yang benar sangat penting dilakukan. Ini untuk menjaga kesehatan badan kita," katanya.

Dala kesempatan itu, siswa diajak mempraktekkan gerakan mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO. Cuci tangan paling bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Namun jika tidak ada air dan sabun bisa menggunakan gel pembersih atau Hand Sanitizier.

Hal ini disambut baik oleh Siti Minatun Kesiswaan SMP Negeri 1 Kebumen, yang sejak awal mendampingi Polres Kebumen di sekolahnya. Menurut dia, sosialisasi sangat perlu dilakukan, meski sebelumnya siswa sudah menerapkannya.

"Sosialisasi seperti ini sudah kami tunggu-tunggu, walaupun anak-anak bisa browsing di internet. Kita juga selalu ingatkan kepada anak-anak untuk selalu menjaga pola hidup sehat," Siti menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.