Sukses

Heboh, Salat Subuh Berjemaah Berhadiah Motor

Solo - Di media sosial muncul sebuah unggahan foto yang membuat geger publik. Foto yang diunggah oleh pengelola akun Instagram @newdramaojol.id, Selasa (25/2/2020), memperlihatkan sebuah sepeda motor tipe matik yang ditempeli tulisan "Hadiah Subuh Berjamaah".

Dalam unggahan foto tersebut tidak disebutkan lokasi sepeda motor tersebut. Meskipun begitu, pengelola akun @newdramaojol.id, menilai Dewan Keluarga Masjid (DKM) kreatif untuk menarik masyarakat untuk mau berjamaah salat subuh.

"Mungkin biar banyak yg ke masjid,,,tapi DKM nya kreatif juga pasti banyak yg awal shalat subuhnya demi tuh motor tapi kalo orang sudah terbiasa subuh berjamaah pasti bakal keterusan. Mungkin begitu ya niat DKM nya," beber pengelola akun @newdramaojol.id.

Unggahan tersebut viral dan ramai dikomentari netizen. Beberapa netizen juga menyoroti hadiah tersebut. Mereka khawatir nantinya jemaah salat subuh justru berniat untuk mendapatkan hadiah sepeda motor dan bukan karena Allah SWT.

"Sholat bukan karena Allah SWT dong,,Karna motor," jelas pengguna akun @yuliadjahari112.

"Ya gpp lah ya , walaupun niat awal buat dapet motor , mungkin kedepannya bakal jamaah terus," tambah pengguna akun @just_chalvin.

"Jadi niatnya solat berjamaan karena Allah atau karena itu motor?" sambung pengguna akun @ahmadrifqyyyyy.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Masjid Al Furqon, Way Dadi, Sukarame, Bandar Lampung. Dalam rangka menyambut Ramadan 2019, pengurus masjid menggelar salat subuh berjamaah berhadiah umrah.

"Jadi kami mengundang warga masyarakat Bandar Lampung untuk ikut serta meramaikan subuhan berhadiah ini. Insya Allah kami akan memberikan dua hadiah untuk bapak-bapak dan ibu-ibu. Semoga niat baik ini dapat bermanfaat untuk kami semua khususnya warga sekitar Masjid Al Furqon," jelas pengurus masjid, Arfandi dilansir Antara, Minggu (17/3/2019).

Bahkan, kegiatan salat berhadiah juga pernah dirintis oleh Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan sejak Januari 2013 silam dengan program Bengkuluku Religius. Kala itu, Helmi Hasan merasa prihatin dengan aksi kriminalitas yang tinggi, masjid sepi, dan kegiatan keagamaan minim di Bengkulu.

Dalam menjalankan program tersebut, adik kandung dari mantan Ketua MPR Zulkifli Hasan ini mengunjungi masjid di Bengkulu setiap salat subuh.

Program yang berjalan hanya dua tahun itu, salat berhadiah mobil dimenangkan oleh Marwan HS, pegawai honorer Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kota Bengkulu. Marwan HS dinilai paling rajin dan tak pernah telat dalam melaksanakan ibadah salat. (AMA/PNJ)

Baca berita menarik lainnya di Solopos.com.

Simak Video Pilihan Berikut:

Loading