Sukses

Kota Palu Alami Suhu Terpanas se-Indonesia

Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengalami suhu terpanas se-Indonesia. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Palu - Suhu di Kota Palu pada Selasa, 21 Januari 2020 berdasarkan catatan BMKG Stasiun Meteorologi Palu menjadi yang terpanas se-Indonesia. Kondisi itu diperkirakan masih akan terjadi dalam tiga sampai tujuh hari ke depan.

Berdasarkan data pantauan cuaca di BMKG Stasiun Meteorologi Palu, pada Selasa pagi hingga petang, peningkatan suhu di Kota Palu mulai terjadi pada pukul 10.00 Wita. Adapun puncak panas suhu terjadi pada pukul 15.00 Wita, yang mencapai 37 sampai 38 derajat Celsius seperti yang terpantau juga di runway Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu.

Menurut prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Palu, kondisi ini terjadi karena dipengaruhi beberapa hal, yakni posisi matahari yang menuju equator (lintang Palu), suhu permukaan laut yang tidak mendukung terbentuknya awan karena penguapan yang sedikit, serta massa udara yang tertarik ke wilayah selatan Indonesia.

Berdasarkan pantauan rason (udara atas), potensi pertumbuhan awan sangat kecil. Analisis udara atas juga menunjukkan kelembapan rendah hanya mencapai 40 persen.

Meski menjadi daerah dengan suhu terpanas, pihak Stasiun Meteorologi Palu menyatakan belum ada peringatan suhu ekstrem untuk Kota Palu. Sebab, status ekstrem baru akan dikeluarkan untuk Kota Palu jika suhu mencapai 39 derajat Celsius.

"Kondisi ini (peningkatan suhu) memang berbeda dari hari biasanya. Tapi untuk Palu ini masih dalam kategori normal," kata Kepala Stasiun Meteorologi Palu, Nur Alim, Selasa (21/1/2020).

Prakirawan cuaca di BMKG Palu juga memprakirakan suhu panas di Kota Palu masih akan terjadi dalam 3 hingga 7 hari ke depan dengan perkembangan pantauan yang tetap dilakukan.

Selain Kota Palu, daerah lain di Sulawesi Tengah yang dilanda suhu panas adalah Luwuk dengan 36 derajat Celsius.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.