Sukses

Detail Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Kota Palu

Sejumlah wilayah di Indonesia akan dilalui penampakan Gerhana Matahari Cincin (GMC), termasuk di Kota Palu.

Liputan6.com, Palu - Sejumlah wilayah di Indonesia akan dilalui penampakan Gerhana Matahari Cincin (GMC), termasuk di Kota Palu. Hanya saja di Palu, gerhana matahari diperkirakan tidak mencapai bentuk cincin seutuhnya, melainkan hanya serupa sabit atau dengan magnitudo 0,8 sampai 0,9.

Namun demikian, durasi penampakan gerhana matahari di Kota Palu diperkirakan akan lama, yakni mulai pukul 12.24 sampai dengan 15.50 Wita.

"Durasi penampakan ( GMC ) lebih kurang 3 jam di Kota Palu, tapi tidak sepenuhnya cincin," kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I A Palu, Cahyo Nugroho, Kamis (26/12/2019).

Pihak Geofisika Klas I A Palu sendiri telah melakukan persiapan pengamatan sejak pagi ini dengan memasang teleskop yang tersambung ke monitor di halaman kantor Jalan Sumur Yoga, Kelurahan Balaroa, Kota Palu. Warga juga dipersilakan ikut menyaksikan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.