Sukses

Jurus Jitu Kemenpora Memacu Kreativitas Pemuda Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo - Siapa tak kenal dengan BJ Habibie, presiden ke-3 Indonesia sekaligus salah satu orang paling jenius dan kreatif yang pernah dilahirkan di Indonesia. Dia adalah kebanggaan Sulawesi, khususnya, Gorontalo.

Darah Gorontalo mengalir dari ayahnya, Alwie Abdul Jalil Habibie yang merupakan putra Gorontalo tulen. Kisah hidupnya menginspirasi banyak orang. Bahkan, perjalanan hidup dan cintanya dengan sang istri, Ainun Habibie, pun diagungkan dengan sebuah film.

Namun, Gorontalo tak hanya punya Habibe. Puluhan tokoh negara, pahlawan nasional, politik, hingga atlet nasional yang mengharumkan ibu pertiwi pun terlahir di Gorontalo.

Pendek kata, Gorontalo adalah tempat lahirnya pemuda-pemuda harapan bangsa. Berawal dari semangat ini, Kementerian Pemuda dan Olaraga Republik Indonesia menggelar Festival Pemuda Kreatif di Kota Gorontalo, Jumat malam (20/12/2019).

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Drs Djunaedi M.Si mengatakan festival ini dilakukan untuk membangun kreativitas pemuda Gorontalo. Festival yang di laksanakan di Kota Gorontalo ini merupakan festival yang ke delapan dari tujuh kota di Indonesia.

“Kota Gorontalo adalah Kota yang terakhir dilaksanakan festival, dan pemuda yang di kota Gorontalo banyak pemuda kreatif, sehingga festival ini merupakan wadah untuk mempromosikan kreativitas pemuda di Gorontalo,” ujarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Membangun Jiwa Wirausaha Pemuda Gorontalo

Selain untuk mempromosikan, festival ini juga digelar untuk memotivasi dan memberikan semangat kepada pemuda Gorontalo lebih lebih kreatif lagi.

Tak hanya itu, festival ini juga dilakukan untuk membangun semangat jiwa kewirausahaan pemuda. Dengan begitu, pemuda Gorontalo bisa menjadi bibit yang unggul dan bisa berguna lagi untuk masyarakat.

“Kota Gorontalo saya melihat secara umum, pemuda Gorontalo sangat antusias dan mempunyai potensi yang besar,” ucapnya.

Dia bahkan berharap Pemerintah Kota Gorontalo mengusulkan ke pemerintah pusat agar kota ini menjadi kota pemuda kreatif. Sebab, pemuda Gorontalo penuh potensi.

“Kreativitas pemuda merupakan aset dan modal, yang nanti bisa di tingkatkan serta diasah terus oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” dia menerangkan.