Sukses

Gerhana Matahari Cincin Jadi Kesempatan Emas Gaet Wisman Singapura

Liputan6.com, Batam - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi salah satu dari 25 kota di Indonesia yang berkesempatan melihat fenomena alam langka gerhana matahari cincin secara penuh.

Dinas pariwisata setempat bahkan akan memanfaatkan momen langka ini untuk menggaet lebih banyak wisman, khususnya dari Singapura.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar kepada Liputan6.com, Senin (16/12/2019) mengatakan, ada banyak titik destinasi wisata di tiga daerah di Provinsi Kepri yang bisa dipakai sebagai spot menyaksikan gerhana matahari cincin penuh pada 26 Desember 2019 mendatang.

"Di Singapura kemunginan gerhana matahari tidak penuh dipastikan mereka pada ke Batam," katanya.

Di Kota Batam sendiri, gerhana matahari cincin ini bisa disaksikan di Dataran Engku Putri, Batam Center.

"Walau fenomena ini hanya tiga menit, kita berharap kunjungan wisatawan juga dapat meningkat," katanya. 

Pemkot Batam, sebut Buralimar, akan memberikan izin bagi asosisasi kepariwisataan yang ingin menggelar nonton bareng fenomena alam langka ini.

Salah satu asosiasi kepariwisataan yang bakal menggelar nobar gerhana tersebut adala Barelang Eclipse. Komunitas ini mengaku sudah mendapat restu akan menggelar event pengamatan fenomena alam langka ini sambil berwisata.

"Kegiatan pengamatan di Pulau Galang. Kegiatan ini khusus untuk pengamat yang ingin mengamati proses selama gerhana matahari dengan membawa peralatan teleskop sendiri," katanya.

Sementara itu, nobar gerhana matahari cincin juga digelar di Dataran Engku Putri Batam Center. Acara yang berlangsung selama tiga hari, 24-26 Desember 2019 itu, juga dimeriahkan dengan Bazaar Expo. 

"Pada kesempatan ini masyarakat Batam dan sekitarnya dapat dapat menyaksikan bersama dan dapat menjajakan jualanya berbagai macam kuliner maupun memperkenalkan ke masyarakat berbagai macam produk pelaku industri kreatif, " Kata Anda ketua Panitia Barelang Eclipse.

Di lokasi yang sama pada 26 Desember 2019, juga akan digelar kegiatan Pemecahan Rekor MURI untuk Pengamatan Gerhana Matahari dengan alat terbanyak.

"Untuk kaca mata gerhana sudah disiapkan 15 ribu, yang mau salat gerhana juga disediakan masjid," katanya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: