Sukses

Suasana Malam di Cilacap Usai Penangkapan Terduga Teroris

Liputan6.com, Cilacap - Warga Dansari Lor, Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah tak menduga salah satu warganya, SY (30 th) ditangkap Densus 88 Antiteror lantaran diduga terlibat terorisme, Minggu pagi (17/11/2019).

Operasi ini sangat senyap. Densus 88 diduga menangkap terduga teroris, SY sekitar pukul 09.00 WIB. Namun, warga baru mengetahuinya pada Minggu sore.

Itu pun, setelah Ketua RT 01/5 Dusun Tritih, Mubasir diminta turut menyaksikan penggeledahan rumah terduga teroris SY, yang saat itu sudah tidak berada di tempat. SY sudah dibawa oleh Densus 88.

Dalam penggeledahan itu, Densus 88 menyita sejumlah barang bukti seperti laptop dan lain sebagainya. Saat itu lah, warga baru berkerumun lantaran mengetahui penangkapan ini.

“Informasi masyarakat malah tidak begitu tahu kalau ada penangkapan. Cuma ketua RT-nya disuruh membantu setelah penangkapan kan ada penggeledahan, begitu,” ucap Sekretaris Desa Danasri Lor, Saimun, Minggu malam (17/11/2019).

Pun, usai penangkapan terduga teroris, Danasri Lor kembali ke kondisi sediakala. Warga melanjutkan aktivitasnya.

Saimun mengakui, ada sejumlah warga yang berjaga malam alias ronda. Tetapi, jauh hari sebelum penangkapan terduga teroris ini pun, warga rutin Siskamling.

Simak video pilihan berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Kata Polisi Soal Keamanan Pascapenangkapan Terduga Teroris

Di luar rumah, termasuk di Dusun Tritih, Danasri Lor, Nusawungu, Cilacap, lokasi penangkapan terduga teroris, tak terasa ada peningkatan aktivitas pengamanan. Warga yang ronda pun, sesuai dengan jadwal.

Selain warga yang giliran ronda, tiap malam, ada saja warga yang nimbrung. Kadangkala mereka turut ronda, lainnya hanya berbincang di halaman rumah atau di pinggir jalan.

“Biasa, Mas. Di sini memang biasanya ronda. Aman,” ujarnya.

Kepala Subbagian Humas Polres Cilacap, AKP Sudarmaji mengatakan situasi di seluruh kecamatan Nusawungu dan sekitarnya aman dan kondusif.

“Alhamdulillah, di sekitar kecamatan itu landai, aman, tidak ada masalah,” kata Sudarmaji.

Akan tetapi, ia belum bersedia menjelaskan kronologi penangkapan tersebut. Dia pun tak berkomentar saat ditanya apakah ada peningkatan pengamanan dari kepolisian usai penangkapan terduga teroris ini.

Hanya saja, dia memastikan bahwa situasi di wilayah Cilacap tetap aman. Menurut dia, keterangan resmi soal penangkapan ini akan disampaikan langsung oleh para pimpinan.

“Nyuwun sewu, kalau untuk itu (penangkapan terduga teroris) oleh pimpinan belum boleh dikeluarkan. Mungkin besok pagi baru bisa dijawab, Mas. Jadi kami belum berani memberikan konfirmasi, Mas,” Sudarmaji mengungkapkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Teror London Bridge, Inggris Tinjau Syarat Bebas Napi Terorisme
Artikel Selanjutnya
Tetangga Kaget, Pria Populer dan Panutan di Sambutan Samarinda Ditangkap Densus 88