Sukses

Bawa Pistol saat Dinas, Bupati Rokan Hulu: Hanya untuk Gaya-Gayaan

Pistol Bupati Rokan Hulu Sukiman, menjadi perbincangan hangat usai fotonya diunggah ke media sosial.

Rokan Hulu - Pistol Bupati Rokan Hulu Sukiman, menjadi perbincangan hangat usai fotonya diunggah ke media sosial. Dalam foto saat melaksanakan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Rabu siang, 6 November 2019, Sukiman terlihat membawa pistol.

Dalam foto beredar itu terlihat Sukiman mengenakan pakaian dinas bupati warna cokelat. Sementara di pinggangnya, tersemat pistol yang diduga senjata api. Pistol itu tampak jelas dan mencolok. Juga terlihat sangat janggal ketika seorang bupati membawa pistol, terlebih lagi Rokan Hulu dikenal sebagai wilayah aman dan jauh dan konflik selama ini.

Saat dikonfirmasi, Sukiman mengaku telah membawa senjata itu. Namun, ia menjelaskan, pistol yang ia bawa itu bukanlah senjata api, melainkan air softgun atau senjata angin.

"Itu air softgun," kata Sukiman seperti dikutip laman RiauOnline, Kamis (7/11/2019).

Sukiman  mengatakan, tujuannya membawa pistol itu hanya untuk gaya-gayaan.

Menurut dia, apa yang ia lakukan tersebut bukanlah sebuah kesalahan. "Bukan apa-apa kok. Memang (membawa pistol air soft gun) untuk menyembelih orang?," tuturnya.

Sukiman yang merupakan purnawirawan tentara itu juga mengaku, hingga kini sifat tentaranya masih ada. Sehingga, bukan sesuatu salah membawa air softgun saat acara kedinasan diikuti ratusan peserta di lapangan terbuka itu.

"Saya kan (purnawirawan) tentara. Sifat militer masih ada," katanya lagi.

Sukiman juga mengaku telah mendapat izin dari Perbakin untuk memiliki dan menggunakan pistol tersebut. 

Masih dalam foto yang sama, Sukiman terlihat didampingi Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting. Belum ada keterangan resmi dari Sukirman maupun Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terkait foto yang beredar itu.

Meski begitu, Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting yang dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa Sukirman membawa pistol. Namun dia membantah jika pistol itu adalah senjata api.

"Informasi dari beliau (Bupati Sukiman), itu bukan senjata api, tapi air softgun. Kalau airsoft gun tidak ada masalah, tak perlu (surat) izin" katanya.

Baca juga berita RiauOnline.co.id lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.