Sukses

Saat Wapres Tiongkok Nyanyi Bengawan Solo di Eks Rumah Dinas Jokowi

Liputan6.com, Solo - Wakil Presiden (Wapres) Tiongkok Wang Qishan mengunjungi Solo sebelum menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Jakarta pada Minggu, 20 Oktober 2019. Saat berkunjung ke kota kelahiran Presiden Jokowi, Wapres Tiongkok itu juga menyempatkan untuk menyanyikan lagu kesayangannya yang berjudul Bengawan Solo.

Momen langka Wapres Tiongkok menyanyikan lagu ciptaan maestro keroncong Gesang itu berlangsung saat jamuan makan malam di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung pada Jumat malam, 18 Oktober 2019. Ia maju menyanyi setelah para staf Konjen Tongkok di Surabaya unjuk kebolehan menyanyikan lagu Bengawan Solo versi Bahasa Indonesia.

Setelah lagu tersebut selesai dinyanyikan, ia pun berdiri dan berjalan ke depan untuk mendatangi para staf Konjen Tiongkok di Surabaya yang telah rampung menyanyi. Seolah tak mau kalah, ia pun turut unjuk gigi dengan menyanyikan lagu Bengawan Solo versi Bahasa Mandarin. Sang Wapres Tiongkok itu pun hafal dengan tinggi dan rendahnya lagu tersebut.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Solo yang biasa disapa Rudy itu pun merasa kaget karena lagu Bengawan Solo begitu disukai oleh Wang Qishan yang merupakan petinggi Partai Komunis Tiongkok itu. Tak pelak, usai menyanyi para tamu yang hadir pun langsung memberikan aplaus tepuk tangan kepada sang wapres.

2 dari 4 halaman

Alasan Kunjungi Solo

Menurut Taj Yasin Maimoen, Wapres Tiongkok memang sengaja mendatangi Kota Solo sebelum menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kunjungannya ke Solo memang cukup spesial karena ingin melihat dari dekat kota kelahiran Presiden Jokowi yang memang lahir dan besar besar di kota tersebut.

"Beliau memang sangat ingin mengunjungi kota kelahiran Bapak Presiden Jokowi, maka beliau datang ke sini," kata dia usai jamuan makan malam bersama Wapres Tiongkok Wang Qishan di Loji Gandrung, Jumat malam (18/10/2019).

Selain ingin melihat kota kelahiran Presiden Jokowi,  ternyata alasan kedatangan Wang Qishan ke Solo karena saking cintanya dengan lagu Bengawan Solo. Bahkan berdasarkan pengakuan Wapres Tiongkok kepada Taj Yasin Maimoen jika ia memang sering menyanyikan lagu ciptaan Gesang itu di negaranya.

"Jadi, dia di sana (Tiongkok) selalu menyanyikan lagu Bengawan Solo tapi versi China atau Bahasa Mandarin," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Populer di Tiongkok

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan, berdasarkan informasi dari sejumlah relasi di negara Tiongkok, lagu Bengawan Solo ternyata sudah terkenal di negara tirai bambu itu. Banyak masyarakat di negara itu sudah hafal dengan lagu tersebut.

"Saya komunikasi dengan teman-teman di RRT (Republik Rakyat Tiongkok) jika lagu “Bengawan Solo” di sana ternyata sudah minded. Mereka masyarakat sudah hafal dengan lagu Bengawan Solo. Beliau (Wapres Tiongkok) memang terkesan dengan Bengawan Solo," ungkapnya.

Gara-gara lagu tersebut, lanjut Sarwa, rombongan Wapres Tiongkok itu pun penasaran dengan sungai tersebut. Selanjutnya, usai mengunjungi Museum Purbakala Sangiran di Sragen, Wapres Tiongkok langsung melanjutan perjalanan kembali ke Solo untuk mengunjungi Taman Tirtonadi yang ditengahnya membelah aliran Sungai Pepe.

Saat mendatangi taman tersebut, ia terlihat beberapa kali berfoto bersama dengan rombongannya dengan mengambil latar belakang taman serta aliran Sungai Pepe.

"Kunjungan ke sungai itu memang keinginan beliau karena dikaitkan dengan lagu “Bengawan Solo”. Kali Pepe itu juga salah satu aliran sungai yang menuju ke Bengawan Solo," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Terkenang Kota Solo

Sementara itu Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Wapres Tiongkok itu jika yang bersangkutan mengaku pernah berkunjung ke Kota Solo pada awal tahun 1960-an. "Dia teringat pada tahun 1960 pernah ke Solo," ujar Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy.

Bahkan, menurut Wali Kota Solo itu, tokoh penting Partai Komunis Tiongkok itu begitu menikmati suasana Kota Solo tempatnya menginap di Hotel Alila Solo. Ia juga terkesan dengan Kota Solo yang dinilainya cukup bersih.

"Beliau sendiri yang ngomong. Beliau melihat suasana Kota Solo dari lantai 20 Alila katanya bagus gitu," tuturnya.

Wapres Wang Qishan selanjutnya akan terbang ke Jakarta pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019. Selanjutnya pada hari Minggu akan menghadiri pelantikan Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan wakil Presiden RI terpilih.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta di Balik Matinya Ribuan Ikan Sungai Bengawan Solo
Artikel Selanjutnya
Ribuan Ikan Sungai Bengawan Solo Mati, Diduga Tercemar Limbah