Sukses

Mendadak Propam Giring Puluhan Polisi Usai Apel Pagi, Ada Apa?

Untuk memastikan tak ada main mata, personel polisi dipilih secara acak.

Liputan6.com, Kebumen - Ada yang berbeda di Markas Polres Kebumen, Kamis pagi. Tiba-tiba Personel Seksi Profesi dan Pengamanan atau Propam Polri menggiring puluhan polisi ke ruang tertentu.

Mereka bakal menjalani cek urine indikasi narkoba. Untuk memastikan tak ada main mata, personel polisi yang dites urinenya dipilih secara acak. Pagi itu, sebanyak 34 personel dicek urinenya.

Tes urine dilakukan oleh Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Kebumen dan diawasi langsung oleh Propam Polres Kebumen. Untuk menghindari kecurangan saat menuangkan urine ke dalam gelas, personel Propam mengawasi tiap pintu toilet.

"Sampel urine yang telah dituangkan ke dalam gelas pada saat itu juga langsung di tes dan dapat diketahui hasilnya," kata Kapolres Kebumen, AKBP Robertho Pardede, dalam keterangannya, Kamis (25/7/2019).

Hasil tes urine menunjukkan bahwa 34 personel yang dipilih secara acak itu bebas narkoba. Seluruh urine negatif.

"Tidak ada yang positif mengonsumsi narkoba," ucapnya, seusai tes urine narkoba tersebut.

Robertho menerangkan, penyalahgunaan narkoba kini semakin meluas. Mulai artis, pejabat negara, pegawai hingga penegak hukum pun bisa saja terjerumus menjadi pengguna narkoba.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reformasi Kultural Polri

Karenanya, Polres Kebumen berkomitmen untuk menyikapi itu dengan serius. Sebagai penegak hukum, Kepolisian harus bersih dari barang terlarang ini.

"Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa kami selaku penegak hukum juga senantiasa melakukan pengecekan narkoba terhadap para personel," ucapnya.

Serupa dengan di Polres Kebumen, Propam Polres Pemalang pun pada Kamis pagi menggelar penegakan ketertiban dan disiplin (gaktiblin) serta tes urine narkoba kepada seluruh personel Polri dan PNS Polres Pemalang di halaman Mapolres Pemalang.

Gaktiblin itu dipimpin langsung oleh Kapolres Pemalang, AKBP Kristanto Yoga Darmawan. Polres Pemalang juga melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat dan sikap tampang pejabat utama (PJU) dan para kapolsek di wilayah Pemalang.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa perubahan kultur telah benar-benar dilaksanakan di Polres Pemalang. Baik bintara maupun perwira, mesti memiliki disiplin yang sama.

"Bahwa penegakan ketertiban dan disiplin tidak hanya diterapkan oleh Polri di lingkungan masyarakat saja, namun juga dilakukan di lingkungan Polri sendiri," ucap Kristanto.

Dia berharap agar penegakan disiplin dan pengecekan narkoba itu bisa memastikan seluruh personel Polres Pemalang benar-benar bisa menjaga integritas.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga menjelaskan bahwa saat ini Polri bertekad melakukan reformasi kultural. Pelayanan akan dikemas dengan lebih baik.

"Siapa yang menanam akan menuai, kalau kita mau dilayani harus mau melayani," dia menegaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.