Sukses

Kebun Binatang akan Ramaikan Venue Asian Games di Palembang

Liputan6.com, Palembang - Jakabaring Sport City (JSC) yang menjadi venue Asian Games 2018 di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), kini tidak lagi hanya berkaitan dengan aktifitas olahraga saja.

Untuk mengembangkan wisata olahraga keluarga dan sport tourism, PT JSC sebagai pengelola, akan menggunakan branding baru dengan nama The New Jakabaring Sport City. Branding baru ini juga akan menambah fasilitas hiburan di kawasan JSC Palembang yaitu kebun binatang.

Direktur Utama (Dirut) PT JSC Meina Fatriani mengatakan, branding baru ini merupakan bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Anajiko Coorporater pada bulan Juli 2019 mendatang.

“Kita membahas tentang pembangunan wahana baru, salah satunya River Zoo. Jadi akan dibuat seperti kebun binatang,” ujarnya kepada Liputan6.com.

Jika wahana ini terealisasi, pengunjung bisa melihat beragam jenis hewan khas Sumatera yang langka. Salah satu yang uniknya yaitu pengunjung yang datang ke venue di Palembang ini, bisa melihat satwa langka ini di atas perahu yang dikayuh.

Konsep ini diyakininya merupakan satu-satunya di Indonesia. Mereka juga akan bekerjasama dengan instansi konservasi, untuk menentukan hewan yang sehat dan baik, salah satunya Harimau Sumatera.

"Sepertinya yang pertama di Indonesia, mudah-mudahan benar terlaksana dengan lancar," katanya

Dia memprediksi potensi The New Jakabaring Sport City ini sangat menarik dan berpeluang besar untuk peningkatan wisatawan di Sumsel. Baik turis domestik maupun mancanegara.

Venue Asian Games 2018 di Kota Palembang ini juga, akan menjadi sarana edukasi bagi anak-anak sekolah, terlebih program rebranding ini mengutamakan wahana untuk anak-anak.

“Anak-anak nantinya bisa belajar mengenal alam, flora dan fauna. Bahkan mereka bisa memberi makan hewan secara langsung, seperti Rusa,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Wahana Hiburan Anak-anak

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumsel Basyaruddin Akhmad mengungkapkan, Mou ini membahas terkait hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan PT JSC.

"Perkiraan akan dibuat 12 wahana untuk menarik wisatawan luar maupun lokal. Seperti wahana Ninja Warrior, Paint Ball dan River Zoo,” katanya.

Untuk merealisasikan ini, ada tiga hal penting yang harus dilaksanakan. Seperti rebranding, rebuild dan merevatilisasi.

Mereka juga menargetkan pembangunan konstruksi akan berjalan selama tiga tahun, dan mulai dihitung sejak Mou pada bulan Juli 2019 mendatang.

“Kita akan benar-benar mengubah branding JSC menjadi lebih menarik, terutama untuk para pengunjung,” katanya.

Di bulan Ramadhan 2019 ini juga, JSC sudah disulap menjadi pasar ramadhan. Dengan banyaknya acara Islami dan jajanan ramadhan khas daerah Sumsel.

Loading
Artikel Selanjutnya
Misteri 16 Kilogram Sabu yang Dibawa Guru Ngaji
Artikel Selanjutnya
Ratapan Kecewa Keluarga Korban Mutilasi di Musi Banyuasin dalam Sidang Tuntutan