Sukses

Puncak Arus Balik, 16 Ribu Penumpang Padati Stasiun Cirebon Besok

Liputan6.com, Cirebon - Penumpang arus balik Lebaran tahun 2019 mulai terlihat. Satu per satu mereka memadati Stasiun Cirebon untuk kembali ke Jakarta.

Tampak petugas gabungan berjaga di sejumlah titik Stasiun Kejaksan Cirebon. Manajer Humas Daops 3 Cirebon Kuswardoyo mengatakan, puncak arus balik kereta api dari Cirebon diprediksi hari Minggu, 9 Juni 2019.

Dari data sementara, jumlah penumpang keberangkatan melalui Stasiun Cirebon menuju Jakarta atau daerah lain sudah lebih dari 16 ribu.

"Itu baru data sementara dan akan terjadi perubahan entah naik atau turun. Karena acuan kami dari tiket yang terjual ya," ujar dia, Sabtu (8/6/2019).

Kuswardoyo mengatakan, memasuki H2+2 arus balik Lebaran 2019, jumlah penumpang yag berangkat dari Daops 3 Cirebon mencapai 11.082. Data tersebut berdasarkan catatan terbaru yang diterima pukul 10.00 WIB.

Dia mengaku, pada operasi ketupat tahun ini, jumlah arus mudik dari Jakarta ke Cirebon masih tinggi. Pihaknya mencatat sekitara 10 orang yang mudik ke Cirebon pada H2+1 kemarin.

"Besok itu penumpang 80 persen tujuan Gambir jadi kami prediksikan puncak arus balik," kata dia.

Dia mengatakan, antusiasme penumpang mudik menggunakan kereta api semakin meningkat. Tahun 2018 lalu, tercatat mengantar 150 ribu penumpang dari Stasiun Cirebon maupun yang melintas.

2 dari 2 halaman

Kereta Tambahan

Dia memprediksi peningkatan jumlah penumpang mudik tahun 2019 sebesar 4,7 persen sekitar 157 ribu. Hingga saat ini, total seluruh penumpang kereta apu yang sudah diangkut mencapai 126 ribu.

Menyikapi tingginya permintaan tiket kereta api pada arus mudik dan balik 2019. Daops 3 Cirebon mengoperasikan kereta api Argojati Tambahan.

"Argojati tambahan akan berangkat tanggal 10 dan 16 Juni 2019 mendatang," kata dia.

Dia menyebutkan, sekitar 900 kursi untuk arus balik Lebaran masih dijual. Untuk satu rangkaian kereta api Argojati Tambahan terdiri dari 450 kursi.

Namun demikian, dia tidak bisa memastikan tiket tersebut masih tersedia. Dari data sementara, sekitar 90 persen tiket Argojati Tambahan sudah terjual.

"Secara keseluruhan tiket arus balik terjual 90 persen dengan jumlah 825 ribu dari daops 3 atau kereta api yang melintas," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketika Densus 88 Menelusuri Jejak Teroris di Cirebon
Artikel Selanjutnya
Gaya Mengecoh Pimpinan JAD Cirebon Kelabui Warga