Sukses

Khofifah Ajak Warga Jatim Gelar Salat Gaib untuk Ani Yudhoyono

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang beragama lain, Gubernur Khofifah juga mengajak agar mendoakan almarhumah Ani Yudhoyono sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur salat gaib untuk almarhumah Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, yang meninggal dunia Sabtu siang (1/6/2019).

"Saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk salat gaib untuk Ibu Ani Yudhoyono bersamaan dengan salat tarawih malam ini," ujarnya di Surabaya, Sabtu petang, dilansir Antara.

Meninggalnya Ani Yudhoyono dikatakan Khofifah sebagai duka bagi seluruh warga Indonesia. Untuk itu, dia meminta agar seluruh warga mendoakan almarhumah.

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang beragama lain, Gubernur Khofifah juga mengajak agar mendoakan almarhumah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Mengenang sosok Ibu Negara 2004-2014 yang mendampingi Presiden SBY selama sepuluh tahun memimpin Indonesia, Khofifah menilai Ani Yudhoyono merupakan figur istri yang sangat mendukung dan menguatkan pengabdian serta perjuangan suaminya.

"Ke mana Pak SBY bertugas maka Ibu Ani ikut mendampingi. Penguatan beliau untuk Pak SBY itu luar biasa," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Tidak hanya itu, keteladanan sosok Ani Yudhoyono yang setia mendukung Presiden SBY juga pernah dibuktikan sendiri oleh Khofifah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenangan Bersama Ani Yudhoyono

Ketua umum PP Muslimat NU itu teringat suatu saat Ani Yudhoyono mengirimkan pesan untuk Khofifah melalui seorang ajudan yang saat itu sedang rapat bersama SBY ketika menjabat Menkopolhukam.

"Tolong sampaikan ke bapak kalau saya selalu menunggu dengan sabar di rumah," kata Khofifah menirukan pesan Ani Yudhoyono melalui telepon dengan nada setengah bercanda.

Hal itu, kata dia, membuktikan betapa seorang istri itu luar biasa memberikan dukungan psikologis dan doa atas suksesnya suami.

Sementara itu, gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut akan menunaikan salat gaib setelah Isya atau sebelum tarawih di Masjid Al Akbar Surabaya.

Khofifah juga menyampaikan duka cita dan mendoakan Ani Yudhoyono meninggal dunia dalam keadaan Husnul Khotimah serta amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT.

Ibu Negara RI 2004-2014 Kristiani Herrawati Yudhoyono (Ani Yudhoyono) meninggal dunia hari ini sekitar pukul 11.50 waktu Singapura dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Minggu, 2 Juni 2019.

Setelah dari rumah sakit, jenazah Ani Yudhoyono dibawa ke Kedutaan Besar RI (KBRI) untuk Singapura untuk disemayamkan, lalu disalatkan di dalam masjid kompleks setempat.

Duta Besar RI untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya di Singapura kepada wartawan mengatakan pemulangan jenazah Ani Yudhoyono ke Jakarta yang rencananya pada Minggu (2/6) pagi dipercepat menjadi malam ini.

Keputusan mempercepat pemulangan jenazah, kata dia, datang dari keluarga dan akan dibawa menggunakan pesawat Hercules yang saat ini sedang dalam perjalanan ke Singapura.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.