Sukses

Alasan Gunung Andong Tutup Total Selama Ramadan

Aktivitas pendakian di Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah, ditutup total selama Ramadan.

Liputan6.com, Magelang - Aktivitas pendakian di Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah, ditutup total selama Ramadan. 

Junior Manajer Bisnis Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara, Herman Sutrisno mengatakan, penutupan tersebut diberlakukan atas permintaan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Hutan Girimulyo di Desa Girirejo dan segenap pengelola Basecamp Pendakian Gunung Andong.

Herman mengatakan, Gunung Andong ditutup untuk pendakian selama 33 hari mulai 5 Mei 2019 pukul 12.00 WIB sampai 6 Juni 2019 guna menyambut Ramadan sekaligus memperbaiki ekosistem serta jalur pendakian dan fasilitas pendakian.

Ia mengatakan selama Ramadan penutupan kawasan pendakian juga dilakukan di Gunung Kembang yang merupakan gunung anakan di Wonosobo.

"Penutupan ini perlu dilakukan agar gunung atau alam ini istirahat sehingga nantinya segar kembali," katanya dikutip Antara, Jumat (10/5/2019).

Dirinya menjelaskan penutupan kawasan gunung untuk pendakian terinspirasi aksi para pegiat Gunung Prau yang setiap tahun secara rutin menutup selama tiga bulan daerah pendakian untuk pemulihan ekosistem.

"Nantinya semua gunung di bawah pangkuan KPH Kedu Utara akan diberlakukan penutupan pada masa tertentu," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.