Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Tukang Cukur Garut Penyebar Hoaks Pemilu Ditangkap

Liputan6.com, Garut - Top 3 berita hari ini mengungkap sosok dibalik penyebar hoaks pemilu yang meresahkan masyarakat Garut. Pria tersebut bernama Lukman yang sehari-hari bekerja sebagai tukang cukur rambut di Cilegon, Banten.

Sebelumnya, video berisi tayangan emak-emak mendatangi gudang KPU Jombang, Jawa Timur, karena disinyalir ada kecurangan dalam Pemilu 2019 itu disebarkannya melalui YouTube.

Apakah konten video hoaks itu dibuat sendiri, atau merupakan kiriman dari pihak lain, hingga kini belum diketahui. 

Pria berumur 30 tahun itu ditangkap di rumahnya, pada Sabtu 27 April di Kecamatan Cibiuk. Tidak ada perlawanan dari pelaku saat itu.

Sementara itu, lubang besar berdiameter 16 dengan kedalaman 12 meter, tiba-tiba muncul dipertengahan sawah milik warga Kampung Legok Nyenang, Sukabumi, Jawa Barat.

Sebelum kemunculannya, tanah bergetar dan terdengar suara gemuruh dari dalam tanah. Kini warga khawatir, lubang besar itu akan meluas hingga ke permukiman mereka. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Polisi Tangkap Tukang Cukur Garut Penyebar Hoaks soal Pemilu

Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng mendamping Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, dalam salah satu rilis kasus di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Tanpa perlawanan berarti, Lukman (30), pria asal Garut, Jawa Barat terduga penyebar hoaks alias kabar bohong "Emak-Emak Geruduk Gudang KPU Jombang", berhasil diringkus Satuan Reserse Kriminal Polda Jatim.

Sebelumnya, setelah video itu menyebar, tim Polda Jatim langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, ditemukan jika pelaku penyebaran, berasal dari kota dodol Garut

Lukman sehari-hari bekerja sebagai tukang cukur di Cilegon Banten. Hingga kini belum diketahui dengan pasti, apakah konten video hoaks itu dibuat sendiri, atau merupakan kiriman dari pihak lain.

Selengkapnya...

2. Fakta-Fakta Lubang Raksasa di Sukabumi

Lubang besar berdiameter 16 meter dengan kedalaman mencapai 12 meter, tiba-tiba muncul lagi di area persawahan penduduk di Sukabumi. (Rahmawan/ BPBD Sukabumi)

Lubang berukuran besar tiba-tiba muncul di area persawahan di Kampung Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 28 April 2019.

Sebelum muncul lubang raksasa itu, warga mendengar suara gemuruh dan dentuman sekitar pukul 04.00 WIB.

Hasil kajian sementara Tim Tanggap Darurat Pergerakan Tanah Badan Geologi Jawa Barat pembentukan lubang raksasa di Kampung Legoknyenang, Kabupaten Sukabumi akibat aktivitas sungai bawah tanah.

Selengkapnya...

3. Menyingkap Istana Ular di Gorontalo

Penjajahan yang dilakukan tentara jepang di Gorontalo masih meninggalkan sejarah yang patut diketahui, salah satunya adalah gua ular yang menjadi tempat persembunyian warga Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Penjajahan Jepang di Gorontalo masih meninggalkan sisa-sisa cerita yang patut diketahui. Salah satunya di gua ular yang menjadi tempat persembunyian warga Gorontalo kala itu.

Gua ini tepatnya berada di Dusun Botuhuwayo, Desa Barakati, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Lubang yang berdiamater 7x4 meter itu, masih terlihat kokoh hingga saat ini.

Menurut cerita warga sekitar, konon gua itu manjadi tempat persembunyian warga Gorontalo saat perang melawan penjajah. Namun, setelah penjajah meninggalkan tanah Gorontalo, gua tersebut menjadi tempat pesembunyian ular.

Selengkapnya...

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: