Sukses

Bupati dan Camat di Cilacap Gundul, Warganet: Upin Ipin Cilacap

Liputan6.com, Cilacap - Penampilan Bupati Cilacap, Tato Suwarto Pamuji yang berkepala plontos saat memimpin apel pagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab ditanggapi riuh oleh warganet Cilacap.

Maklum, ini adalah Senin pertama semenjak Pemilu lalu. Bukan warganet namanya jika tak pintar menghubungkan kepala plontos sang bupati dengan kejadian sebelumnya.

Ada yang menduga, Bupati Cilacap bercukur gundul lantaran Capres Jokowi-Ma’ruf Amin memenangi Pilpres versi hitung cepat. Seperti diketahui, dalam quick count sejumlah lembaga survei menyatakan bahwa Jokowi-Ma’ruf sementara ini unggul atas Prabowo-Sandi.

Tetapi, ada pula yang mengatakan bahwa bupati bercukur gundul karena bersyukur lantaran istrinya, Tetty Rohatiningsih nampaknya berhasil melenggang ke kursi DPR. Pada Pemilu 2019 ini, Tetty memang nyaleg dari partai Golkar.

Riuh warganet bukan tanpa sebab. Puluhan pengguna Facebook mengunggah foto bupati dengan penampilan barunya. Ada pula yang mengunggah berita dari sejumlah media daring yang memberitakan fenomena unik ini.

Pro dan kontra pun terjadi. Misalnya, foto-foto yang diunggah oleh halaman Berita Cilacap. Akun ini mengunggah sejumlah foto sewaktu bupati menjadi inspektur upacara.

Ada pula foto-foto yang memperlihatkan sejumlah pejabat atau pegawai Pemkab Cilacap yang berkepala plontos. Mereka nampak gembira berswafoto bersama. Dalam unggahannya, Berita Cilacap juga melampirkan pemberitaan sebuat blog soal bupati yang cukur gundul ini.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 dari 3 halaman

Warganet Ingatkan Jalan Rusak

Bupati Cilacap dan Seluruh Camat,"Gundul Plontos".. Warga: Tuhh Jalan Banyak Yang Rusak..Tuman!!,” tulis Berita Cilacap dalam unggahannya.

Unggahan ini cukup menarik perhatian warganet. Sejak diunggah Senin siang kemarin, sebanyak 320 pengguna Facebook menanggapi unggahan ini. Hingga Rabu malam, sekitar pukul 19.45 WIB, unggahan ini juga telah dibagikan sebanyak 53 kali.

Banjir komentar juga terjadi. Ada yang berkomentar positif, tetapi ada pula yang menanggapi negatif. Barangkali lantaran pengantar yang sedikit provokatif oleh akun ini.

Dasare dalane kec sugihan kya daln kebo...khususnya.pesangrahan,keleng,kr jngkol,ciwuni,” tulis akun Triyo Putra KaliGondang.

Syukuran bu teti menang semua camat gundul plontos,jalan rusak sante sante wae,” tulis Totong Setiyadi Soeryanto, dalam kolom komentar.

Ada pula yang berkomentar positif. Lainnya, berkomentar kocak.

Gundul memang asyiiikkk,” tulis akun Faozan Zen.

Upin ipin nya cilacap😅,” tulis Sshanty Desii.

Tak ada pernyataan resmi bupati Cilacap soal kenapa ia bercukur gundul. Hanya saja, saat menjadi inspektur upacara apel pagi Senin, 22 April 2019 lalu, ia menyatakan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah membantu terciptanya kondisi aman dan kondusif dalam Pemilu 2019 ini.

3 dari 3 halaman

Istri Bupati Melenggang ke Senayan

"Dan tidak ada statemen resmi dari Beliau terkait beliau di cukur gundul tersebut," ucap Taryo, Kabag Humas Pemkab Cilacap, Senin sore, 22 April 2019.

Hanya saja, saat memimpin apel pagi itu, bupati mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara pemilu, aparat keamanan, masyarakat dan ASN yang berkontribusi atas terlaksananya pemilu 2019 yang aman, damai, lancar dan kondusif.

"Mungkin salah satu ungkapan rasa syukur atas suksesnya pemilu di Cilacap itu, beliau cukur gundul," katanya, melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Dikutip dari website Pemkab Cilacap, bupati juga mengajak masyarakat untuk menjaga kedamaian agar Cilacap tetap kondusif. Masyarakat juga mesti meningkatkan semangat persatuan usai Pemilu 2019 ini.

Tato juga mengatakan, meski terjadi perbedaan pilihan yang nyata dan polarisasi masyarakat ke kubu-kubu tertentu namun di Cilacap situasi tetap nyaman. Ia mengapresiasi kerukunan masyarakat Cilacap selama kontestasi politik lima tahunan ini.

"Untuk Kabupaten Cilacap kita patut bersyukur tidak ada kejadian yang menunjukkan bahwa perbedaan politik telah mengganggu kerukunan hidup kita," ucap bupati, dikutip dari cilacapkab.go.id.

Seorang warga Majenang, Cilacap yang juga tetangga Bupati Cilacap, sedikit menjelaskan kenapa bupati bercukur gundul. Menurut dia, bupati mungkin memenuhi kaul atau nazar setelah istrinya secara gemilang melenggang ke Senayan.

Dari informasi yang diperolehnya, istri bupati Tetty Rohatiningsih bahkan mengantongi suara yang sangat signifikan. Lebih dari 140 ribu suara. "Bojone dadi DPR RI," ucap si tetangga.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bupati dan Camat di Cilacap Cukur Gundul Usai Pemilu, Ada Apa?