Sukses

Dora Marie Sigar dan Janji Prabowo Kunjungi Keluarga di Minahasa

Liputan6.com, Manado - Dalam debat calon presiden (capres) pada Sabtu, 30 Maret 2019 silam, capres nomor urut dua Prabowo Subianto meminta maaf karena suaranya terlalu keras. Dia mengatakan, kerasnya suara itu karena dirinya merupakan keturunan Banyumas dan Minahasa.

Adalah Dora Marie Sigar, ibunda Prabowo Subianto, perempuan asal Langowan, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut, yang menurunkan darah Minahasa pada diri mantan Danjen Kopasus itu. Dora Marie Sigar, Lahir di Manado, 21 September 1921.

Dora Marie menikah dengan Profesor Sumitro Djojohadikusumo pada 7 Januari 1946 di Jerman. Dora pertama kali bertemu Sumitro Djojohadikusumo tahun 1945 ketika ia belajar di sekolah Ilmu Keperawatan bedah di Kota Utrecht, Belanda.

Dari perkawinannya dengan pakar ekonomi Indonesia itu, Dora melahirkan dua orang putri, Biantiningsih Miderawati Djiwandono dan Marjani Ekowati Le Maistre. Kemudian dua orang putra, Prabowo Subianto Djojohadikusumo dan Hashim Sujono Djojohadikusumo.

Ayah Dora bernama Philip FL Sigar, dan ibunya bernama N Maengkom. Keluarga besar Dora kini masih menetap di Langowan, Kabupaten Minahasa.

 

2 dari 2 halaman

Janji Prabowo

Jauh sebelum terjun ke dunia politik, Prabowo beberapa kali mengunjungi sanak keluarganya di Minahasa. "Beliau sudah sering mengunjungi Langowan," ujar salah seorang kerabat dekat Prabowo di Manado.

Dalam kampanye terbukanya di Lapangan Ketangbaru Manado, Minggu, 24 Maret 2019, Prabowo juga sempat berjanji untuk kembali mengunjungi keluarga dan makam kakeknya di Langowan.

"Saya bakal datang kembali lagi ke Sulawesi Utara. bertemu saudara-saudara saya. Juga berziarah ke makam kakek dan nenek saya," ujar Prabowo.

Dalam orasinya itu, Prabowo juga menyatakan bahwa dia Orla alias Orang Langowan. Untuk diketahui, Langowan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, yang merupakan tanah kelahiran ibunda Prabowo yakni Dora Marie Sigar.

"Saudara-saudara sekalian, saya ini orla, orang Langowan. Jadi saya berharap bahwa saya bisa mendapat dukungan dari saudara-saudara di Sulut," dia menegaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hikayat Priayi Ageng Para Leluhur Prabowo di Banyumas
Artikel Selanjutnya
Prabowo: Belum Mulai Saja Sudah Ada yang Nyoblos