Sukses

Hadiah Rp 1 Juta untuk Pria Salatiga yang Mau Vasektomi

Sulit mencari pria yang bersedia KB vasektomi, maka pemerintah Kota Salatiga memberikan reward hingga Rp 1 juta kepada peserta vasektomi.

Salatiga - Peserta/aseptor  Keluarga Berencana (KB) pria di Kota Salatiga diberi reward (hadiah) uang sebesar Rp 1 juta per orang. Reward ini diberikan untuk merangsang para pria di Salatiga untuk mengikuti program KB vasektomi atau Metode Operasi Pria (MOP).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Kota Salatiga, Sri Sarwanti kepada KRjogja.com menjelaskan jumlah peseta KB pria di Salatiga sangat rendah. Bahkan sulit untuk mendapatkan pria yang bersedia vasektomi. Namun sejak dua tahun belakangan ini yakni 2017 dan 2018 sudah mulai ada aseptor pria melalui program KB dengan MOP.

"Dinas Pengendalian Penduduk memberikan reward bagi peserta KB pria yang bersedia MOP diberikan uang Rp 1 juta dari APBD," kata Sri Sarwanti.

Jika sukses, rencananya tahun 2020 hadiah itu akan diusulkan untuk naik. Masih sama, yakni bagi pria yang bersedia MOP.

"Susah lho mencari aseptor KB pria," tandas Sri Sarwanti, Minggu (31/03/2019).

Ia menambahkan, untuk tahun 2017 jumlah aspetor KB pria 8 orang dan tahun 2018 sebanyak 13 orang.

"Lumayan mulai ada kesadaran ber KB bagi pria. Ini berkat kerja keras kami mendapatkan pria untuk MOP. Kami menargetkan di tahun 2019 ini paling  tidak jumlah peserta vasektomi atau MOP sama dengan 2018," Sarwanti. 

Ikuti berita menarik lainnya dari KRJogja.com.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.