Sukses

2019 Baru Genap Seminggu, 6 Kebakaran Sudah Terjadi di Kabupaten Bandung

Liputan6.com, Bandung - Genap sepekan memasuki 2019, Pusat Pengendalian dan Operasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Pusdalop DPKP) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mencatat sudah terjadi enam kebakaran. Peristiwa kebakaran itu meliputi lima kejadian kebakaran rumah tinggal dan satu kejadian kebakaran pabrik kapas.

Menurut staf seksi pengendali operasi dan komunikasi Pusat Pengendalian dan Operasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Egy Dzulfahmi, lima peristiwa kebakaran terjadi berturut-turut mulai dari tanggal 1-3 Januari 2019. Egy menuturkan runutan kebakaran dimulai dari di rumah tinggal Jalan Sadang Pasantren RT 04 RW 12 Desa Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu.

Kemudian di Kampung Cantilan RT 03 RW 06 Desa Cihanyur Kecamatan Cikancung, Jalan Letnan Aduna RT 03 RW 05 Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek, pabrik kapas Jalan Raya Cicalengka–Majalaya KM 5 Desa Sri Rahayu Kecamatan Cikancung, dan rumah tinggal di Kampung Sukawangi RT 02 RW 03 Desa Jelegong Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.

"Kejadian terakhir terjadi Minggu, 6 Januari 2019 pukul 08.27 WIB yaitu kebakaran rumah tinggal di Kampung Leuwi Kaleng RT 04 RW 04 Desa Katapang Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung," kata Egy menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (7/1/2019).

Selain peristiwa kebakaran, Egy menyebutkan DPKP Kabupaten Bandung juga melakukan tujuh proses evakuasi. Di antaranya adalah evakuasi enam sarang tawon di Jalan Raya Kamasan RT 02 RW 09 Desa Kamasan Kecamatan Banjaran, Komplek Bumi Orange Blok F14 No. 5 RT 04 RW 31 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi, Kampung Goyang RT 02 RW 19 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi, Kampung Babakan Leuwi Bandung RT 02 RW 02 Desa Citeureup Kecamatan Dayeuhkolot dan dua lokasi di Kampung Ranca Waas RT 03 RW 09 Desa Sukamukti Kecamatan Majalaya.

Sementara satu proses evakuasi dilakukan otoritas tersebut untuk satu mobil yang terperosok ke sawah di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung.

Dari sembilan pos DPKP yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, lima pos telah menangani kejadian kebakaran dan proses evakuasi. Rinciannya adalah Pos 1 Soreang menangani tiga kejadian kebakaran dan enam evakuasi, Pos 2 Ciparay satu kejadian kebakaran serta satu kali mengirimkan bantuan ke wilayah Cicalengka, Pos 3 Cicalengka dua kejadian kebakaran, Pos 4 Majalaya menangani satu kejadian kebakaran dan dua evakuasi selain satu kali mengirmkan bantuan ke Wilayah Cicalengka serta Pos 5 Cileunyi satu kejadian kebakaran dan dua evakuasi.

"Sementara untuk total kejadian setahun lalu dari bulan Januari-Desember 2018 terjadi 313 kejadian kebakaran dan 159 kejadian penyelamatan," ujar Egy menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Apes, Bocah Terpental dan Nyungsep saat Coba Atraksi Motor

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Banjir Susulan Genangi 12 RW dan 3 Jalan Raya di Kabupaten Bandung
Artikel Selanjutnya
Dinkes Bandung Kerahkan Dokter Puskesmas untuk Tangani Korban Banjir