Sukses

Bertukar Ilmu Mengajar Matematika, Sains dan Teknologi dari Kota Kelahiran Filsuf

Liputan6.com, Mataram - Kunjungan kerja Gubernur NTB Zulkieflimansyah atau Zul bersama rektor 6 Universitas di Mataram ke Polandia dan Republik Ceko, membawa pulang sejumlah kesepakatan kerja sama bidang pendidikan dan pemerintahan.

Kesepakatan antara Pemprov NTB dengan Pemprov Kujawsko-Promorskie Polandia untuk membentuk kerja sama sister city atau sister province (kota atau provinsi kembar) ke depannya. Kerja sama itu akan diwujudkan dalam investasi dan bisnis, beasiswa pendidikan, pertukaran pelajar dan pekerja, seni dan kebudayaan hingga pelajaran musik.

"NTB memiliki banyak potensi sebagaimana Polandia, khususnya Provinsi Kujawsko-Pomorskie, mulai destinasi wisata desa kuno sebagaimana desa-desa adat di Lombok dan Sumbawa, hingga sektor pertanian, dan bioenergi. Semoga segera terealisasi kolaborasi konkret antara NTB dengan provinsi di negara Polandia," kata Zul, Senin (10/12/2018).

Sementara itu, Gubernur Piotr Calbecki mengatakan, kunjungan rombongan asal NTB ini menjadi momen tak ternilai. Dan tentunya kunjungan itu akan membuka beragam peluang kerja sama atau kolaborasi antara dua provinsi di beragam sektor bisnis dan industri, termasuk juga pendidikan.

"Kami sangat terbuka menerima para calon mahasiswa atau yang Bapak Gubernur Zul sebutkan sebagai "para calon pemimpin masa depan Indonesia" di kampus kebanggaan kami." kata Gubernur Piotr.

Gubernur Piotr Calbecki mengungkapkan, bahwa siap mengundang 4 anak muda terbaik NTB untuk magang di kantornya selama 1 bulan gratis di Brussels Belgia di Pusat Uni Eropa (UE). Selain itu dia berharap, anak-anak muda NTB paham bagaimana mereka bekerja serta bagaimana NTB sebagai provinsi bisa mengakses bantuan dana UE untuk pembangunan dan perubahan di NTB.

Gubernur Calbecki juga mengundang guru-guru SD dari NTB untuk datang ke Torun menyaksikan guru-guru disana mengajarkan Matematika, Sains, dan Teknologi dengan cara yang menyenangkan. Sehingga tiga mata pelajaran itu tidak lagi jadi momok di sekolah.

Selain itu, Gubernur juga mengundang anak-muda muda NTB untuk belajar Leadership di Summer Camp saat Musim Panas di kota kelahiran filsuf sekaligus astronom Nicolaus Copernicus itu.

Di bidang seni budaya, undangan juga terbuka bagi komunitas seniman maupun budayawan NTB untuk menggelar acara seni budaya di Polandia. Sementara karena Torun sangat terkenal atas pianis-pianis tingkat dunia, maka Gubernur Calbecki mengajak para pianis NTB untuk belajar di Torun.

Gubernur Zul berangkat bersama sang istri selaku Ketua TP PKK Pemprov NTB yang juga Ketua Yayasan Dea Mas (Lembaga Pengelola Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Dr. Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyah bersama sejumlah kepala OPD Pemprov NTB serta rektor dan perwakilan 6 universitas (Universitas Mataram, Universitas Hamzanwadi, Universitas Muhammadiyah Mataram, Universitas Nahdlatul Ulama NTB, Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Mataram dan Universitas Mahasaraswati Mataram) di NTB ke Polandia dan Republik Ceko.

Saksikan video pilihan berikut ini: