Sukses

150 Murid Spesial di NTB Terbang ke Polandia Tahun Depan

Anak-anak muda NTB yang dikirimkan bukanlah murid biasa melainkan murid spesial dan unggulan.

Liputan6.com, Lombok - Program Beasiswa 1000 S2 (Master Degree) ke Luar Negeri dari pasangan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Sitti Rohmi Djalilah, jalannya kian terbuka lebar.

Setelah memberangkatkan 18 mahasiswa-mahasiswi ke Collegium Civitas (5 orang) dan Vistula University (13 orang) di Polandia pada bulan Oktober 2018, Pemprov NTB akan kembali mengirim 150 orang pelajar penerima beasiswa untuk mengambil gelar Master di Vistula University pada bulan Februari 2019.

Kesepakatan itu terjalin setelah pertemuan Gubernur Zulkieflimansyah dengan Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Mrs. Beata Stockzynska dan perwakilan 3 perguruan tinggi terkemuka di Polandia, pada Kamis 15 November 2018.

Tiga kampus besar di Polandia itu adalah Vistula University yang diwakili oleh Chancellor Prof. Zdzislaw Rappacki, University of Warsaw yang diwakili Manajer Fakultas Ilmu Ekonomi Dr. Anita Pienkowska, dan University of Opolski yang mengirimkan Profesor Ilmu Sosiologinya, Dr. Michal Wanke.

Kerja sama bidang pendidikan antara NTB - Polandia menjadi topik utama pertemuan Gubernur dan Dubes Polandia. Kepada Gubernur Zulkieflimansyah, Dubes Beata menyatakan pihaknya sangat menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi NTB, untuk mengirim seribu mahasiswa/ tahun belajar ke luar negeri melalui program beasiswa.

"Kami menjadikan NTB sebagai daerah prioritas penerima beasiswa. Universitas-universitas terbaik kami di Polandia, siap menerima siswa asal NTB. Berbagai program jurusan dapat dipilih, seperti ilmu budaya, ekonomi, keuangan, ilmu teknik informatika, teknik mesin dan kelautan,” jelasnya.

Di hadapan sejumlah rektor universitas dan sekolah tinggi di NTB yang saat itu hadir mendampingi Gubernur, Dubes Beata juga meyakinkan, Polandia adalah negara yang aman dan nyaman sebagai tujuan belajar.

Menyambut baik tawaran itu, Gubernur Zulkieflimansyah meyakinkan kepada Dubes Beata, bahwa anak-anak muda NTB yang dikirimkan bukanlah murid biasa melainkan murid spesial dan unggulan. Doktor Zul, panggilan akrabnya, meyakinkan bahwa putra-putri NTB itu, mampu menyelesaikan pendidikan dan jadi calon-calon pemimpin Indonesia di masa depan.

"Polandia juga terletak di jantung Eropa. Saya berharap, sesegera mungkin disusun draf kerja sama universitas di NTB dengan kampus di Polandia, sehingga target kita untuk mengirim sebanyak mungkin siswa, guru, dosen ke luar negeri, melalui program S2 maupun doktor, bisa tercapai.” terang Gubernur Zul.

Di hari yang sama, tercapai kesepakatan pengiriman 150 mahasiswa untuk mengambil program beasiswa Master Degree di Vistula University, antara Gubernur Zulkieflimansyah dengan Chancellor Prof. Zdzislaw Rappacki. Program Master yang disediakan adalah 50 orang utk Computer Engineering, 40 orang utk Finance and Accounting, 30 orang utk Energy Management dan 30 orang utk Tourism (www.vistula.edu.pl). Seleksi dilakukan pada awal Desember 2018, sementara pengiriman para mahasiswa dilakukan pada Februari 2019. Detail persyaratan akan diumumkan panitia seleksi di https//bit.ly/beasiswaNTB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.