Sukses

10 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Manado

Liputan6.com, Jakarta - Manado, kota yang terletak di Sulawesi Utara terkenal dengan potensi wisatanya yang indah. Salah satu wisata Manado yang cukup terkenal adalah wisata alam bawah lautnya yaitu Taman Laut Nasional Bunaken. Manado memang memiliki banyak sekali pantai eksotis yang sayang untuk dilewatkan.

Namun bukan hanya pantai dan keindahan laut saja yang menjadi tempat menarik di Manado. Banyak tempat yang menjadi destinasi wajib saat berlibur ke kota Manado.

Berikut 10 tempat yang wajib dijadikan daftar perjalanan saat berkunjung ke Manado dan sekitarnya.

1. Pulau Siladen

Bunaken memang ikonik, namun banyak pula pulau lain yang memiliki keindahan yang tidak kalah luar biasa. Pulau Siladen adalah salah satu di antaranya. Pulau kecil ini memiliki hamparan pasir putih yang indah. Di sekeliling pulau, di bawah permukaan airnya yang jernih, terdapat banyak terumbu karang dengan berbagai jenis dan bentuk.

Dengan keindahan alam bawah airnya itu, tidak heran terdapat sejumlah titik diving maupun snorkeling yang tidak kalah istimewa dengan Bunaken. Beberapa resort juga didirikan di pulau Siladen ini. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan rugi!

2. Pulau Lihaga

Maldives-nya Manado, begitulah banyak orang menyebut Pulau Lihaga.

Pulau ini memang memiliki pasir putih yang bersih, lembut, ombak tenang dan air yang sangat jernih. Mirip dengan pantai-pantai di Maldives.

Pulau ini juga merupakan salah satu tempat wisata Manado yang masih cukup jarang terekspos oleh wisatawan, itulah kenapa Pulau Lihaga wajib masuk dalam wishlist destinasi di tahun 2018 ini. 

 

2 dari 3 halaman

Taman Laut

 3. Pantai Pulisan

Ingin mendapatkan pemandangan yang komplet, mulai dari birunya laut, putihnya pasir di pantai, eksotisnya bebatuan hingga hijaunya bukit savanna? kamu bisa melihatnya di Pantai Pulisan, Likupang.

Pantai ini diisi hamparan pasir putih dan pepohonan yang teduh. Lautnya juga membiru, dengan panorama alam bawah laut yang khas dengan koral yang indah dan berwarna-warni.

‘Goa’ di tengah laut juga menjadi spot unik tersendiri yang jadi favorit untuk didatangi. Belum lagi pohon yang rindang, bebatuan karang yang kokoh dan bukit savanna di ketinggian yang memukau.

 4. Taman Laut Pulau Tumbak

Masih tidak jauh-jauh dari tempat wisata air, Taman Laut Tumbak juga bisa diadu dengan Bunaken dan Pulau Lihaga. Tempat yang berjarak sekitar tiga jam dari Manado dan terletak di kabupaten Minahasa Utara ini cocok untuk memuaskan hobi wisatawan yang menyukai wisata di bawah air.

Ada 20 spot diving dan snorkel di Tumbak yang patut dicoba, beberapa di antaranya adalah Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Bohaga Kecil, Taman Karang, dan Pintu Samudra. Meskipun memiliki keindahan yang luar biasa, tetapi taman laut Tumbak ini tidak terlalu dikenal oleh wisatawan umum. Maka dari itu, kita bisa berwisata dengan tenang dan menikmati tempat yang indah dan juga menakjubkan ini. Meskipun begitu, jangan lupa untuk tetap berhati-hati karena mengingat adanya bahaya wisata air.

 5. Pulau Lembeh

Pulau dengan 92 spot selam ini jadi bukti bahwa tempat wisata di Manado tak melulu Bunaken saja. Pulau Lembeh terletak di Kota Bitung yang tak jauh dari kota Manado ini menawarkan panorama cantik layaknya pulau impian lainnya. Untuk menikmati keindahannya wisatawan bisa berkeliling pulau dengan perahu.

Pemandangan yang bisa dinikmati wisatawan di antaranya adalah Gunung Dua Saudara, resort-resort mewah, kapal-kapal yang sedang merapat, dan tentunya beraneka ragam ikan laut yang berada di bawah laut.

Untuk yang suka bermain air dan menyelami keindahan bawah laut, tentu saja harus mencoba beberapa spot diving dan snorkeling di Pulau Lembeh ini. Salah satu spesies yang jadi unggulan di Pulau Lembeh ini adalah nudibranch, flamboyant sotong, mimic octopus, pigmy seahorse, hingga hairy frogfish.

 6. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan Manado, jaraknya hanya 15 km dari kota Manado, pengunjung hanya membutuhkan waktu tempuh 20 menit dengan kendaraan darat. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan dengan aliran air yang tidak terlalu deras membuat kita aman untuk berenang dan bermain air.

Atau setelah kita puas dengan berenang, bermain air dan berfoto-foto dan kita hanya ingin menikmati pemandangan dan gemericik air, kita bisa bersantai di sekitar lokasi air terjun yang memiliki banyak hidangan kuliner yang menarik untuk dicicipi.

 

3 dari 3 halaman

Wisata Bunga-Bunga

 

7. Batu Dinding Kilo 3 Amurang

Tebing alami dengan ketinggian sekitar 90 meter ini memiliki bentuk yang sangat unik dan tidak seperti tebing-tebing alami pada umumnya. Permukaannya seperti jajaran balok yang bersusun bertingkat sehingga semakin ke atas semakin menonjol permukaan tebing.

Keunikan ini yang menjadikan Batu Dinding pas menjadi destinasi wisata di Manado kamu. Kemegahannya semakin terlihat bila kamu melihatnya dari kejauhan.

Bagi pecinta olahraga ekstrim panjat tebing, Batu Dinding bisa menjadi surga. Selain lintasannya yang sulit, tantangannya juga cukup menjanjikan. Siapa yang berani?

 8. Arung Jeram Timbukar

Para penyuka olahraga ekstrim arung jeram pasti akan menyukai tempat yang satu ini. Dari kota Manado menuju ke desa Timbukar, Minahasa hanya memakan waktu dua jam. Sesampainya di desa Timbukar, pengunjung bisa memilih paket yang ada, dan mulai mengarungi jeram di Sungai Nimanga sambil menikmati keindahan alam dan tebing di sebelah kanan dan kiri. Dari tempat start menuju finish memakan waktu dua jam, berjarak sekitar 9 kilometer. Tentunya pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yang disajikan di desa Timbukar.

 9. Gunung Tumpa

Terletak di kelurahan Meras, kecamatan Bunaken dan bisa ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota Manado dengan angkutan darat ini kita bisa melihat pemandangan berupa pepohonan yang hijau dan kebun kelapa. Pemandangan yang luar biasa indah akan memanjakan mata kita, dengan pemandangan alami yang menunggu untuk dijelajahi.

Lokasi ini wajib dikunjungi bagi wisatawan yang suka dengan fotografi. Dengan sedikit menanjak ke tempat yang tepat, para fotografer dan juga pendaki serta pencinta alam bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga menikmati alam yang segar, objek foto-foto yang menarik dan juga pepohonan yang rindang. Bagi para penggemar fotografi, bisa mendapatkan foto untuk matahari terbit dan juga matahari tenggelam.

 10. Wisata Kota Bunga Tomohon

Taman Bunga Tomohon, Manado. Mirip dengan Bandung, tempat wisata pemandangan di Manado juga memiliki taman bunga yang tertata rapi dan cantik.

Terletak di kota Tomohon, berbagai macam bunga cocok untuk ditanam di sini karena keadaan alamnya yang sejuk dan segar. Kota Tomohon ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Manado.

Untuk mengunjungi kota Tomohon ini, dianjurkan untuk datang pada bulan Juni –Agustus. Pada bulan-bulan inilah bunga bermekaran serta adanya parade dan fetival bunga dari berbagai negara sebagai pesertanya. Termasukdan pertunjukan seni di kota Tomohon ini.

 Itulah 10 objek wisata di Manado yang memukau dan direkomendasikan untuk dikunjungi saat Anda berada atau memutuskan berlibur di Sulawesi Utara. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan, kesopanan dan keindahan di manapun kita pergi.

(Devi Yunita Parede)

Video Populer Regional

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Pulau Maharo, Surga Tersembunyi di Sulawesi Utara
Artikel Selanjutnya
Upacara Tulude, Kearifan Makan Bersama dari Sangihe