Sukses

Menyambung Silaturahmi dengan Joglosemarkerto

Peresmian itu ditandai pengguntingan pita bunga serta pemecahan kendi air di bagian depan lokomotif kereta api.

Liputan6.com, Solo - PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara resmi mengoperasikan KA Joglosemarkerto di Stasiun Balapan Solo, Sabtu (1/12/2018). Kereta api yang menghubungkan jalur trans Jawa Tengah dan Yogyakarta itu akan memanjakan penumpang di wilayah Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang, Tegal dan sekitarnya.

Prosesi peresmian KA Joglosemarkerto dilakukan langsung oleh Direktur Logistik dan Pengembangan PT Kereta Api Indonesia (Persero), Bambang Eko Martono.

Peresmian itu ditandai pengguntingan pita bunga serta pemecahan kendi air di bagian depan lokomotif kereta api.

Menurut Bambang Eko Martono, pengoperasian KA Joglosemarkerto untuk memenuhi keinginan masyarakat untuk menyambungkan lintas selatan dan lintas utara.

Pasalnya, selama ini masyarakat dari daerah selatan di Jawa Tengah yang ingin ke utara harus transit terlebih dahulu di Purwokerto maupun Semarang.

"Kalau sekarang dengan kereta ini istilahnya loop benar-benar memutar dari Solo-Yogyakarta-Purwokerto-Semarang dan kembali lagi ke Solo. Memang ini kereta trans Jawa Tengah-Yogyakarta tidak perlu transit," kata dia di sela-sela peresmian KA Joglosemarkerto di Stasiun Balapan Solo, Sabtu (1/12/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Rangkaian Kereta

Menurut dia, untuk melintasi jalur trans Jawa Tengah dan Yogyakarta itu menyediakan tiga trainset atau rangkaian kereta. Masing-masing kereta itu berangkat dari Solo, Purwokerto dan Semarang. Kereta yang digunakan untuk melayani jalur tersebut merupakan gabungan dari rangkaian kereta yang sebelumnya melayani jalur lokal di wilayah tersebut.

"Kereta ini memang gabungan dari rangkaian KA Joglokerto dan KA Kamandaka. Selain di Solo, pemberangkatan rangkaian KA Joglosemarkerto juga dilakukan di Purwokerto dan Semarang," ucapnya.

Bambang menyebutkan rangkaian kereta KA Joglosemarkerto terdiri dari rangkaian kereta eksekutif dan ekonomi. Jumlah kapasitas tempat duduk untuk penumpang kereta tersebut mencapai 560 penumpang.

"Rangkaian kereta itu terdiri dari dua kereta eksekutif dengan jumlah 100 penumpang dan sisanya sebanyak tujuh gerbong kereta ekonomi," kata dia.

Sementara itu salah satu anggota komunitas pecinta kereta api, Ilham mengaku senang dengan beroperasinya KA Joglosemarketo, sebab jalur selatan dan utara sekarang sudah tergabung dalam satu rangkaian kereta.

"Ini sangat membantu untuk masyarakat yang akan bepergian via selatan dan utara karena sudah tidak perlu dioper-oper lagi, jadi langsung satu kereta langsung," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.