Sukses

Nihil Kebakaran Hutan dan Lahan, Pelalawan Malah Diselimuti Kabut Asap

Pekanbaru - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Riau berdampak pada sejumlah daerah di Kabupaten Pelalawan yang mulai diselimuti kabut asap pada Kamis, (27/9/2018).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan, Hadi Penandio, membenarkan kondisi cuaca tersebut. Ia mengatakan, kabut asap tipis mulai terpantau sejak pagi.

"Sepanjang tahun, baru hari ini terpantau kabut asap tipis di wilayah kami. Hingga siang ini asap masih ada," katanya.

Namun, Hadi tidak menjelaskan asal usul kabut asap tersebut. Dia memastikan bahwa wilayah Pelalawan bebas dari karhutla. "Terakhir Karhutla itu kemarin sore di Kerumutan. Itu pun sifatnya hanya pendinginan setelah terbakar tiga hari lalu," ujarnya.

Kendati demikian, dia menegaskan pihaknya tetap menerjunkan di tim di setiap rayon untuk melakukan patroli. "Hingga siang ini belum ada laporan Karhutla di wilayah kami," dia menambahkan.

Selain di Pelalawan, kabut asap tipis juga terpantau menyelimuti Kota Pekanbaru. Ibu kota Provinsi Riau itu terpantau mulai diselimuti asap sejak pagi, dan terus bertahan hingga siang ini.

Secara geografis, wilayah Pelalawan dan Pekanbaru cukup dekat, hanya berjarak sekitar 60 kilometer. Warga Pekanbaru mulai merasakan kabut asap dan mengantisipasinya dengan menggunakan masker atau penutup hidung.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, sebanyak 23 titik panas menyebar di Provinsi Riau, hari ini. Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ada 18 titik, Kepulauan Meranti tiga titik dan Kuansing dua titik.

Informasi yang diterima Riauonline.co.iddari jumlah tersebut ada 15 titik api karena memiliki tingkat keakuratan (level of confidence) di atas 70 persen. "Ada 13 titik di Inhil serta dan Meranti dan Kuansing masing-masing satu titik api," katanya.

Secara umum kondisi cuaca Riau pada pagi hari cerah berawan. Potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Inhil dan Siak.

 

Baca berita menarik lainnya dari Riauonline.co.id di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Banteng Tabrak Kerumunan Massa Partai Politik, 7 Orang Terluka
Loading
Artikel Selanjutnya
Puluhan Hektare Lahan Gunung Argopuro Habis Terbakar
Artikel Selanjutnya
Anggota Polisi Tewas Ditabrak Truk Usai Jemput Anak