Sukses

Aksi Hati-Hati Evakuasi Macan Dahan di Kolong Rumah Warga Riau

Pekanbaru - Tim Rescue Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah l Riau mengevakuasi seekor macan dahan (Neofelis nebulosa) yang terjebak di kolong rumah warga di Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu, Jumat, 20 Juli 2018.

Juru bicara BBKSDA Riau Dian Indriati menjelaskan, sekitar pukul 11.00 WIB, tim evakuasi tiba di lokasi lalu melakukan koordinasi dengan aparat terkait dan Pusat Konservasi Harimau Sumatera (PKHS) untuk mengambil tindakan yang diperlukan demi keselamatan bersama, termasuk keselamatan satwa yang dilindungi berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 tersebut.

"Pengamanan lokasi serta pengendalian massa adalah langkah awal yang dilakukan tim bersama dengan PKHS dan aparat setempat, termasuk Polsek Rengat, Camat Rengat, serta Koramil," katanya, Sabtu, 21 Juli 2018.

Selanjutnya, kata Dian, tim bersama-sama melakukan pemantauan situasi satwa. Untuk mengantisipasi macan tidak panik dan dikhawatirkan lari, tim melakukan penutupan kolong rumah serta memasang kandang perangkap.

"Tim evakuasi juga menghubungi tim bius Balai Besar KSDA Riau, untuk mengantisipasi bila sampai dengan malam macan dahan tersebut belum bergerak dari posisinya," ujarnya.

Setelah menunggu sekian lama, Dian menambahkan, akhirnya pada pukul 19.00 WIB, macan dahan masuk ke kandang jebakan yang dipasang oleh tim.

Informasi yang diterima Riauonline.co.id, macan dahan tersebut kemudian diamankan di kantor Bidang Wilayah l sebelum akhirnya diangkut untuk dilakukan observasi lebih lanjut di kandang Transit Satwa Balai Besar KSDA Riau.

"Setelah dilakukan observasi rencananya akan diambil tindakan konservasi selanjutnya demi kelestarian satwa langka tersebut," dia menandaskan.

 

Baca berita menarik lainnya dari Riauonline.co.id di sini.

 

Banteng Tabrak Kerumunan Massa Partai Politik, 7 Orang Terluka
Loading
Artikel Selanjutnya
Hore, Beruang Si Hitam Kembali ke Alam
Artikel Selanjutnya
Kebakaran Ungkap 'Rahasia' dalam Taman Wisata Alam Sungai Dumai