Sukses

Aksi Polisi Berbadan Tambun Lumpuhkan Begal dengan Tiga Jurus

Liputan6.com, Makassar Meski berbadan tambun, gerakan Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Hery Sima cukup gesit dalam melumpuhkan pelaku begal saat beraksi di sebuah minimarket di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Kamis, 19 Juli 2018 sekitar pukul 22.30 Wita.

Hery yang kesehariannya sebagai anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu-lintas Polda Sulsel dan bertugas mengawal di setiap perjalanan Penjabat Gubernur Sulsel akhir-akhir ini, mampu melumpuhkan pelaku begal yang beraksi di minimarket hanya dengan tiga jurus.

"Alhamdulillah hanya tiga gerakan jurus bela diri, saya berupaya lumpuhkan pelaku begal dan menyerahkannya ke Polsek Panakkukang, Makassar," kata Hery.

Awalnya, kata dia, aksi heroik yang dilakukannya berlangsung spontan saat ia mendengarkan ada teriakan meminta tolong yang bersumber dari dalam minimarket di Jalan Urip Sumoharjo Makassar tersebut.

Kebetulan saat itu, ia sedang menunggu temannya yang masuk berbelanja di minimarket yang merupakan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Saya awalnya bersama sopir Pak Penjabat Gubernur Sulsel dan seorang anggota Satpol PP ke minimarket tersebut. Tapi saya menunggu di mobil. Sopir dan anggota Satpol PP itu yang masuk ke Alfamart berbelanja," ucap Hery.

Selang beberapa menit menunggu kedua rekannya itu, tiba-tiba ia mendengar ada teriakan minta tolong dari dalam minimarket, sehingga ia mencoba turun dari mobil dan masuk ke minimarket itu.

Alhasil, ia terkejut dan melihat aksi begal terjadi di dalam minimarket. Pelaku begal tampak mengancam beberapa pengunjung sehingga dengan kemampuan ilmu bela diri yang dimilikinya, Hery bergerak cepat melompati pelaku dan mengunci tubuh pelaku dengan gerakan bela diri kemudian melumpuhkannya hingga pelaku tersungkur ke lantai.

"Sempat menjadi tontonan juga saat detik-detik saya mencoba melumpuhkan pelaku dengan gerakan bela diri," imbuh Hery.

Direktur Lalu-lintas Polda Sulsel, Kombes Pol Agus Wijayanto mengakui sangat mengapresiasi aksi heroik Hery. Meski berbadan tambun, tetapi berhasil melumpuhkan pelaku begal dengan waktu yang singkat.

"Salut buat Hery. Bela diri sudah menjadi keharusan di setiap anggota Polri, karena kondisi seperti ini kapan saja bisa terjadi," Agus mengakui.

Usai melumpuhkan pelaku begal yang diketahui bernama Rudi (40) dan berdomisili di Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Makassar tersebut, Hery lalu menyerahkan pelaku ke Mapolsek Panakukang untuk dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Hina Nabi Muhammad di Medsos, Pelajar SMP Mengkeret Saat Digeruduk Warga
Artikel Selanjutnya
Belum Dipakai, Jembatan Kaca Tana Toraja Sudah Retak