Sukses

Ini Program 100 Hari Kerja Pasangan Rindu Setelah Dilantik

Menurut Ridwan Kamil, kemenangan pilkada bukan tujuan akhir melainkan awal untuk merealisasikan janjinya semasa kampanye.

Liputan6.com, Cirebon - Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) akan segera ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang dalam Pilkada Serentak 2018 Jawa Barat. Dalam persiapan menjalankan roda pemerintahan setelah Aher ini, Ridwan Kamil mengklaim akan komitmen memenuhi janjinya semasa kampanye.

Dia mengatakan, setelah penetapan, akan meningkatkan pelayanan publik dalam 100 hari kerja ke depan. Emil, biasa dipanggil, menjelaskan pelayanan publik menjadi gerakan pertama 100 hari kedepan karena dianggap sebagai sesuatu yang mudah dilakukan.

"Kemenangan pilkada bukan tujuan akhir tapi memastikan janji dan cita-cita alasan mendukung saya sesuai janji kampanye lima tahun kedepan. Termasuk tim relawan Baraya Ridwan Kamil akan mengawal janji kampanye saya," kata Ridwan Kamil saat mendatangi acara syukuran kemenangan di Cirebon, Sabtu (14/7/2018).

Dia mengatakan, pelayanan publik menjadi program pertamanya karena sudah terbukti saat dia menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Menurut dia, peningkatan pelayanan publik dianggap penting dan mudah dilakukan.

Untuk program yang sifatnya fisik, Ridwan Kamil akan fokuskan pada 2019 mendatang. Termasuk, pemberian bantuan dan dana hibah dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kalau hanya pelayanan publik di Jawa Barat jadi standart juara saat ini juga bisa saya lakukan. Tapi kalau fisik infrastruktur butuh perencanaan, pelalangan dan waktu jadi tahun depan sudah bisa dilakukan," ujar dia.

Ridwan Kamil mengaku hingga saat ini rencana pelantikannya akan digelar pada 17 September 2018. Dia mengaku, kemenangan pada Pilkada Serentak 2018 Jawa Barat sudah diakui oleh seluruh pasangan lain.

"Pengumuman penetapan KPU dijadwalkan hari Senin karena tidak ada gugatan ke MK dan perbedaan mendekati 1 juta suara, semua pasangan lawan sudah memberikan semangat. Setelah itu informasinya kemungkinan dilantik 17 September," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taman hingga Bus Pariwisata

Tak hanya program di Jawa Barat, pada persiapan merealisasikan janjinya, Ridwan Kamil juga memiliki sejumlah program untuk wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Dia berkomitmen meningkatkan Sumber Daya Manusia wilayah Ciayumajakuning. Ridwan Kamil juga akan meningkatkan program infrastruktur serta pariwisata yang ada di Pantura Jawa Barat ini.

"Lima tahun kedepan teman-teman media bisa memantau perkembangan gagasan baru kami dalam mensejahterakan masyarakat Pantura," ujar dia.

Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga berjanji akan meningkatkan program hibah dan bantuan ke masyarakat di Jawa Barat. Seperti pengelolaan alun-alun, bis pariwisata, program smart city hingga berbagai macam pusat kreatif anak muda di Jawa Barat.

Dia menyebutkan, akan menggelontorkan dana hibah untuk alun-alun yang ada di kota/kabupaten di Jawa Barat. Dia menginginkan agar setiap kabupaten/kota di Jawa Barat memiliki kalun-alun yang bagus.

"Seperti yang sudah saya lakukan untuk Kota Bandung saya ingin bawa program alun-alun keren ini ke Jawa Barat," kata dia. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.