Sukses

Patung Batu Nisan Raksasa Buat Resah Warga Probolinggo

Probolinggo - Ada yang unik ketika mengunjungi Desa Ganting wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Kita akan menemukan sebuah patung yang dibuat menyerupai batu nisan. Keberadaan patung ini rupanya menuai protes masyarakat setempat.

Batu nisan yang dibangun setinggi 10 meter ini, sengaja dibuat oleh seorang warga bernama Nur Bintaos, di lahan sawahnya. Pantauan Times Indonesia, patung batu nisan itu ada dua, yang memang sengaja dibuat mirip dengan nisan di depan kuburan oleh pemiliknya. Hingga kini masih belum diketahui tujuan dari Nur Bintaos membuat batu nisa raksasa itu.

Anehnya, di sekitar batu nisan yang dibangun tersebut, terdapat sebuah bangunan papan nama yang bertuliskan INILAH MAKAM PERSIAPAN "BINTAOS" SEORANG YANG PENUH DOSA. LAHIR 9 JUNI 76. WAFAT 4-8-2085. MENGHARAP RAHMAT TUHAN.

Batu nisan itu menurut warga proses pembangunannya sekitar 5 bulan lalu, hingga saat ini berdiri tegak dengan warna biru bervariasi.

Sebagai informasi, pada 2013 lalu, Nur Bintaos pernah membuat sebuah patung dewi padi setinggi 12 meter di lahan yang sama. Kemudian Pemkab setempat membongkar patung tersebut karena juga menuai protes kala itu.

Nur Bintaos, sempat mendekam di jeruji besi selama 3 tahun karena kasus penggandaan uang yang juga bikin heboh masyarakat.

 

Baca berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini.

 

2 dari 2 halaman

Alasan Pembuatan Patung Batu Nisan Raksasa

Saat TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) bertandang ke rumahnya, pada Jumat (6/7/2018), tampak banyak patung-patung berukuran kecil dan seukuran orang dewasa, serta sebuah foto saat Bintaos ditahan di Rutan Kraksaan.

Menurut salah satu warga yang enggan disebutkan namanya, pembangunan tersebut baru selesai dua bulan yang lalu. Namun, warga tidak mengetahui jelas alasan Bintaos, membangun 2 batu nisan besar tersebut.

"Kalau informasi dari warga sekitar sini, dua batu nisan tersebut sebagai persiapan meninggalnya Nur Bintaos. Kami disini sebetulnya tidak setuju dengan ini semua," tuturnya.

"Seluruh warga di desa ini, yang mengetahui patung batu nisan raksasa ini dibuat resah, dan meminta pemerintah bertindak turun tangan dan menyelesaikan hal ini, karena apa tujuan membuat batu nisan raksasa ini," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini: