Sukses

Banjir Bandang di Banyuwangi Rusak 415 Rumah

Liputan6.com, Banyuwangi - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur, Fajar Suasana mengatakan sebanyak 415 rumah terdampak banjir bandang di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kami mendata rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang di empat dusun Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, sebanyak 415 rumah dan 23 rumah di antaranya rusak parah," ucapnya di Banyuwangi, Sabtu malam, 23 Juni 2018, dilansir Antara.

Menurutnya, kerusakan akibat banjir bandang yang dialami rumah-rumah tersebut beragam. Mulai dari kerusakan ringan hingga berat dan kategori rumah rusak berat, yakni ambruk, jebol, dan roboh tercatat sebanyak 23 rumah.

"Sebanyak 118 rumah rusak sedang dengan kerusakan lumpur masuk rumah warga dengan ketinggian 20-100 cm, sedangkan sisanya sebanyak 274 rumah mengalami rusak ringan. Itu update data terakhir kami," imbuhnya.

Ia menjelaskan, data tersebut didapat dari pendataan langsung tim BPBD ke rumah warga, sehingga bukan hanya berdasar laporan semata. Namun, tim BPBD turun mendata satu-satu untuk melihat kerusakannya dan juga didokumentasikan.

Sabtu, tim BPBD konsentrasi pada pembersihan jalan utama Gambor yang merupakan jalur alternatif Banyuwangi-Jember. "Bahkan, ada 12 dump truck dan empat ekskavator (alat berat) dikerahkan untuk mengambil material dan sedimen yang tersisa," jelasnya.

Meski jalannya sudah dibersihkan, jalur alternatif Banyuwangi-Jember itu sementara masih tertutup untuk umum karena digunakan dulu untuk jalur operasional alat berat dan dump truck yang membersihkan sisa material banjir bandang.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali, dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas Bersihkan Fasilitas Umum

Tim BPBD Banyuwangi juga dibantu personel dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Batu, Jember, dan Pemprov Jatim yang totalnya mencapai 35 orang. Sebab, mereka sudah mahir dalam melakukan upaya-upaya evakuasi.

"Selain pembersihan jalan, BPBD selama dua hari ini juga prioritas membersihkan fasilitas umum, seperti masjid, agar segera digunakan kembali oleh masyarakat," katanya.

Setelah itu, baru konsentrasi membersihkan rumah-rumah warga dan itu yang agak memakan waktu karena harus dilakukan secara manual. Dengan demikian, pada tahap itu, tidak hanya butuh tenaga, namun juga butuh alat pendukung seperti sekop, linggis, cangkul, alat pengangkut material.

Diharapkan, para relawan yang datang juga membawa peralatan untuk membersihkan sisa-sisa banjir bandang.

"Relawan yang datang diharap membawa alat-alat kerja dan yang tidak membawa, mohon membantu hal lain saja, agar kerja penanganan lebih efektif," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.