Sukses

Pesona Pantai Logpon Gorontalo di Ujung Tanduk

Dengan jembatan yang sangat panjang, memungkinkan pengunjung Pantai Logpon berswafoto di tengah laut.

Liputan6.com, Gorontalo - Gorontalo Utara (Gorut) adalah surganya wisata bahari. Nama-nama seperti Pulau Saronde, Pulau Lilin, dan hutan manggrove masih jadi primadona.

Ada satu yang layak diangkat karena saat ini terabaikan, yakni Pantai Logpon. Di pantai ini ada jembatan ratusan meter sehingga memungkinkan pengunjung jalan-jalan hingga tengah laut. Berada di Desa  Molantadu, Kecamatan Tomilito, Gorontalo Utara, akses ke tengah laut menjadi dahsyat untuk swafoto, terutama saat pagi dan sore hari.

Pantai Logpon berada sekitar 200 meter dari jalan raya. Meskipun Lebaran, tak banyak  pengunjung terlihat.

Menurut Udin, salah satu warga, libur Lebaran yang panjang, biasanya dimanfaatkan pengunjung. Ia mengaku tak tahu apa penyebab turunnya jumlah pengunjung.

"Dulu, parkiran kendaraan sampai di jalan," kata Udin kepada Liputan6.com.

Udin bercerita bahwa kondisi pantai Logpon memang berubah. Ia lalu menunjukkan serakan sampah yang tersebar di banyak titik. Ditunjukkan pula jembatan andalan pantai ini yang sudah rusak di beberapa bagian.

"Rusaknya jembatan ini kan membahayakan pengunjung," kata Udin.

Sesungguhnya, Pantai Logpon merupakan surga bagi wisatawan. Bukan hanya keindahan, tapi keramahan penduduk dan juga biaya hidup yang tak tinggi.

"Pantai Logpon ini sebenarnya sangat membantu perekonomian warga sekitar. Jika berkembang akan bermanfaat sekali bagi sebagian warga Gorontalo Utara," kata Udin.

Simak video pilihan berikut di bawah :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Stimulan Pemerintah

Pengakuan bahwa pantai ini sebenarnya indah jika dirawat juga datang dari Yulanda. Ia mengaku selalu berkunjung bersama keluarga. Hanya saja beberapa tahun belakangan ia tak lagi rutin datang ke pantai ini.

"Kondisinya sudah banyak yang rusak. Padahal ini potensial lho," kata Yulanda.

Yulanda maupun Udin berharap Pemerintah Daerah mulai memperhatikan kondisi pantai Logpon. Apalagi ketika pariwisata menjadi tren dan bisa mendongkrak kesejahteraan warga sekitar. Jika pemerintah beralasan keterbatasan anggaran, setidaknya bisa menjadi stimulan bagi kemandirian warga.

"Semoga Pemerintah Daerah mau menjaga dan merawat Pantai Logpon. Atau memperbaiki kerusakan yang ada, sehingga warga nanti ikut merawat dan memelihara. Jika ada anggaran, tambah diperindah," kata Yulinda.

Pantai Logpon dalam kondisi tak terawat dan rusak saja masih menyiratkan sebagai surga tersembunyi di Gorontalo Utara. Wisata pantai yang tak ada bandingannya dan memiliki keunikan untuk swafoto yang keren. Yang jelas, Pantai Logpon adalah spot terbaik menikmati matahari terbenam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.