Sukses

Menikmati Sepoi Angin Pagi di Pantai Pohon Cinta Pohuwato

Liputan6.com, Pohuwato - Pantai Pohon Cinta merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Bahkan, saat ini, wisata itu menjadi tempat favorit wisatawan lokal. Sesekali tak jarang pula wisatawan dari luar Kota dan mancanegara melancong di tempat itu.

Meskipun masih terbilang baru, objek wisata ini sudah menjadi buah bibir dan melegenda di kalangan warga Gorontalo. Pantai yang terletak di Desa Pohuwato Timur, Kecamatan Marisa, Pohuwato ini memang terkenal dengan keindahannya.

Para wisatawan dapat menikmati sepoi angin pantai yang sejuk serta dipadu dengan indahnya pemandangan. Pengunjung dapat memandang hamparan laut yang tidak terlalu berombak, sehingga merasa betah saat berada di Pantai Pohon Cinta.

Tak hanya itu. Di sekitar Pantai Pohon Cinta sudah dibuatkan tempat joging yang sewaktu-waktu dapat digunakan sambil menikmati pantai yang indah ini. Setelah capek berwisata ataupun joging, pengunjung dapat mendatangi wisata kuliner yang juga berada di sekitar pantai dengan menyuguhkan makanan khas Gorontalo.

Di tempat ini pula disediakan wahana bermain untuk anak-anak. Setiap pengunjung tidak perlu lagi mencari tempat yang cocok untuk anak mereka. Semua sudah disediakan untuk anak-anak, sehingga aman saat mengunjungi Pantai Pohon Cinta di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Tak Jauh dari Ibu Kota Kabupaten

Selain itu, lokasi Pantai Pohon Cinta tidak jauh dari pusat Kabupaten Pohuwato. Hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit, pengunjung sudah sampai di lokasi. Perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, jadi sangat mudah dijangkau oleh siapa pun yang hendak melancong di pantai tersebut.

Salah satu pengunjung, Rian Lagili mengatakan, tempat ini sangat bagus untuk bersantai ketika pagi dan sore hari "Apalagi di saat Ramadan seperti ini, tempat ini cocok untuk ngabuburit dan banyak spot-spot selfie bagi para penggemar foto," ucapnya.

Pantai Pohon Cinta juga memiliki fasilitas sangat memadai. Mulai dari tempat joging, tenpat bermain anak-anak hingga wisata kuliner, bisa dinikmati di tempat ini. "Hal ini menjadi salah satu kenyamanan untuk kami selaku pengunjung," imbuh Rian.

Adapun Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga mengulas sedikit sejarah tempat wisata tersebut. Menurutnya, Pantai Pohon Cinta melegenda sejak lama.

Nama Pantai Pohon Cinta mempunyai sejarah tersendiri. Dahulu kala terdapat sebatang pohon besar yang tumbuh sebatang kara, tepatnya di bibir pantai. Saat itu tempat ini menjadi lokasi favorit muda mudi, mereka sering berkumpul dan menghabiskan waktu dari pagi hingga petang di bawah pohon tersebut.

"Banyak muda mudi yang sering nongkrong di sekitar pohon itu hingga akhirnya ada yang saling jatuh cinta," ulas bupati saat diwawancarai Liputan6.com, Jumat, 1 Juni 2018.

Uniknya pula, setiap jalinan cinta yang berlabuh di Pantai Pohon Cinta itu hingga ke jenjang pernikahan. "Nah, dari nama tempat yang indah dan romantis inilah yang kemudian diberi nama Pantai Pohon Cinta," tutur Bupati Pohuwato.

Seiring bergulirnya waktu, pohon rindang tersebut tumbang. Pemerintah daerah kemudian merevitalisasi tempat itu menjadi wisata Pantai Pohon Cinta. "Sampai saat ini ramai dikunjungi seperti Pantai Losari, Makassar, yang tidak pernah sepi pengunjung," sang bupati memungkasi.