Sukses

Harga Tanah Naik Drastis Imbas Beroperasi BIJB Kertajati Majalengka

Liputan6.com, Cirebon - Euforia Bandara Kertajati di Majalengka Jawa Barat masih terasa. Tidak sedikit masyarakat di Pantura Jawa Barat banyak memperbincangkan keberadaan bandara internasional ini. 

Beroperasinya bandara tersebut menyebabkan multiplayer efek yang luas di Pantura Jawa Barat. Salah satunya adalah kenaikan harga tanah di Kabupaten Majalengka.

“Harga tanah sekarang gila-gilaan semakin mahal,” ungkap salah seorang warga Cigasong Kabupaten Majalengka Tati, Sabtu (26/5/2018).

Tati mengaku beberapa waktu lalu pernah mencari tanah di daerah Cigasong pinggiran. Dia terkejut harga tanah sudah mencapai di atas Rp 250 ribu per bata.

Padahal sebelumnya, tanah sawah di daerah tersebut di bawah Rp 100 ribu. Alasan tingginya harga tanah disebabkan imbas BIJB Kertajati.

“Apalagi sekarang sudah beroperasi,” ungkap Tati.

Dia mengaku jarak antara Cigasong yang berada di Kecamatan Majalengka dengan Kecamatan Kertajati sangat jauh. Namun, harga tanah di kawasan tersebut terbilang sangat tinggi.

Tati mengaku pernah mendampingi temannya membeli tanah di kawasan Argalingga. Dia kaget tanah yang dibeli deng luas 450 meter persegi dijual sebesar Rp 350 juta.

Dari informasi yang didapat, kawasan Argalingga memang akan menjadi daerah wisata alam di daerah Majalengka.

2 dari 2 halaman

Imbauan Bupati

Bupati Majalengka Sutrisno menyatakan keberadaan BIJB akan mengubah berbagai hal dan aspek kehidupan masyarakat.

“Warga Majalengka harus siap-siap,” imbau Sutrisno.

Sutrisno mengaku tidak ingin warganya hanya menjadi penonton. Dia bersikukuh agar perbaikan jalan non tol di wilayah Majalengka menuju akses BIJB segera diperbaiki.

Menurut dia, dengan mudahnya akses jalan menuju bandara akan menumbuhkan perekonomian warga seperti membuka toko oleh-oleh maupun pusat kuliner lain.

“Kita sudah persiapkan berbagai infrastruktur, salah satunya pelebaran jalan kabupaten antara Sumberjaya menuju Ligung jadi warga di dua daerah tersebut saya imbau untuk mempersiakan diri,” kata Sutrisno.

Namun demikian, secara keseluruha dia meminta warga Majalengka berfikir apa yang akan mereka kembangkan seiring dengan beroperasinya BIJB Kertajati. 

Saksikan vidio pilihan berikut ini

Artikel Selanjutnya
Pak Guru Sampai Jatuh 2 Kali demi Sepeda dari Presiden Jokowi
Artikel Selanjutnya
Pesawat Kepresidenan Bakal Mendarat Perdana di Bandara Kertajati